SOLOPOS.COM - Nils Horner (Sverigesradio.se)

Solopos.com, KABUL — Seorang wartawan Swedia mengembuskan nafas terakhir setelah seorang pria bersenjata membidikkan senjata ke kepalanya dalam jarak dekat di salah satu distrik Kabul, Afganistan yang mendapat penjagaan ketat, Selasa (11/3/2015).

Nils Horner, 51, ditembak saat berada di luar sebuah restoran. Kedutaan Besar Swedia mengatakan wartawan tersebut bekerja untuk radio Swedish Radio dan memiliki kewarganegaraan ganda Inggris–Swedia.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Nils adalah salah satu yang terbaik dan koresponden paling berpengalaman dan apa yang telah terjadi padanya hari ini mengerikan,” kata Pemimpin Swedish Radio, Cilla Benko.

Ia menggambarkan itu sebagai salah satu hari terburuk dalam sejarah korporasi. “Kami sekarang berusaha untuk mendapatkan rincian sebanyak yang kami bisa.”

Insiden itu terjadi saat Horner berada di luar restoran Lebanon dengan sopir dan penerjemah ketika dua orang dengan pakaian Barat mendekatinya. “Salah satu dari mereka menembaknya pada jarak dekat di bagian belakang kepala,” seorang penjaga restoran, Zubir.

Juru Bicara Kepala Polisi Kabul, Hashmatullah Stanekzai mengatakan  sopir Horner dan penerjemah diinterogasi namun tidak ada yang mengarah untuk ditahan. Serangan itu terjadi tak jauh dari lokasi restoran Lebanon lain, di mana pejuang Taliban Afghanistan melakukan aksi yang menewaskan delapan warga Afghanistan dan 13 warga asing pada Januari lalu.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, juru bicara Taliban mengatakan kelompok itu tidak menyadari serangan itu tapi akan menyelidikinya. Sekitar area itu  adalah rumah bagi beberapa kedutaan  terdapat pula  supermarket dan kafe yang sering dikunjungi oleh orang asing. Kendaraan polisi secara permanen ditempatkan di bundaran blok dan gedung-gedung juga dilapisi juga penjaga di setiap pintu.

Serangan itu datang saat Afghanistan mempersiapkan untuk penarikan pasukan NATO dan pemilihan presiden yamg dijadwalkan pada 5 April mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya