SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Petugas melayani penukaran uang masyarakat dengan uang baru di gedung Bank Indonesia, Solo. (Dwi Prasetya)

Solo (Solopos.com)–Penukaran uang di Bank Indonesia (BI) Solo pada hari pertama bulan Puasa, Senin (1/8/2011), langsung diserbu ratusan masyarakat yang datang dari berbagai daerah di Soloraya.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Dari pengamatan Espos, penukaran uang yang dilakukan di lingkungan gedung baru BI itu, membuka pelayanan pada pukul 08.00 WIB. Seketika, kurang lebih 400 kursi yang disediakan petugas BI langsung diisi penuh oleh antrean masyarakat. Masyarakat sendiri mulai berduyun-duyun menunggu antrean sejak pukul 05.30 WIB. Bahkan, petugas parkir sudah stand by sejak pukul 05.00 WIB.

Salah seorang pedagang di Pasar Gede, Yuning, saat ditemui Espos seusai menukarkan uang, mengatakan ia antre sejak pukul 07.30 WIB dan baru mendapat jatah penukaran uang sekitar pukul 10.00 WIB. Pada hari pertama puasa, kata dia, biasanya aktivitas pasar sepi, sehingga ia memilih memanfaatkan kesempatan itu untuk menukarkan uang di BI. Ia pun mendapat banyak titipan penukaran uang receh dari rekan-rekannya di pasar.

“Total uangnya ada Rp 18 juta. Saya tukar dengan uang kecil mulai dari 1.000-an, 2.000-an dan 5.000-an,” kata Yuning. Yuning mengaku, uang yang ia tukar akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan uang receh selama masa prepegan di pasar.

Sementara itu, warga Margorejo, Gilingan, Banjarsari, Slamet, mengatakan akan menukarkan uang tetapi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. “Nanti uangnya untuk kebutuhan fitrah. Atau, kalau ada masyarakat lain yang mau tukar uang juga bisa ke saya, tinggal nanti numpangi (persenan-red) berapa,” kata Slamet.

Warga Sangkrah, Eko, tak tanggung-tanggung, pada hari pertama penukaran uang ia langsung menukarkan uangnya sebanyak Rp 24 juta. Mulai dari uang koin 1.000-an sampai 10.000-an. Ia mengaku uang sebanyak itu adalah titipan dari delapan saudaranya yang akan memanfaatkan uang itu untuk keperluan fitrah menjelang Lebaran.

Seperti diketahui, menjelang Lebaran tahun ini BI Solo menyiapkan dana sebanyak Rp 1,258 triliun untuk melayani penukaran uang dari masyarakat. BI pun menambah waktu penukaran uang menjadi Senin sampai Kamis mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

(haw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya