SOLOPOS.COM - Joko Widodo berpose di depan mobil Esemka di Jakarta menjelang uji emisi beberapa waktu lalu. (JIBIBisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

POPULER -- Walikota Solo Joko Widodo berpose di depan mobil Esemka dalam salah satu kunjungan di Jakarta. Saat ini ada pihak tak bertanggung jawab yang mencoba menipu dengan memanfaatkan mobil Esemka, dengan modus menawarkan penjualan mobil tersebut. (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

JAKARTA – Popularitas memang kadang dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan pribadi. Salah satunya dalah mobil Esemka.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Praktik penipuan ini menggunakan situs web beralamat www.mobilesemka.co.cc. Mereka menawarkan pemesanan Esemka dengan syarat mengirim uang muka sekian juta rupiah. “Esemka memang punya situs, tapi namanya www.mobilesemka.com,” kata Kepala SMK 2 Solo, Susanta. Hingga saat ini produksi mobil Esemka belum dimulai sebelum uji emisi dilakukan. Pihak PT SMK sendiri tidak pernah mewakilkan pihak manapun untuk melayani pembayaran uang muka.

“Saya kemarin dapat telepon dari Jogja. Dia tanya apa bener web ini jual Esemka?” kata Susanta. Menurut Susanta, sampai saat ini pihaknya memang belum pernah mendapatkan pengaduan dari masyarakat yang menjadi korban. Dia pun belum melakukan tindakan apa-apa terhadap situs tersebut.

“Tidak bisa kita apa-apakan soalnya server-nya di luar negeri. Yang penting nanti kita ubah nama web kita sendiri saja,” katanya.

Sebelumnya beberapa orang warga sempat bertanya pada Rudy tentang penipuan itu. “Itu penipuan. Uji emisi saja belum, jadi kita belum produksi,” kata Rudy saat perjalanan ke Jakarta, Jumat lalu.

JIBI/SOLOPOS/Adib Muttaqin Asfar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya