SOLOPOS.COM - Relief kisah Panji. (Flickr.com)

Solopos.com, SOLO —Konvoi sepeda motor adalah salah satu cara anggota Khilafatul Muslimin berkomunikasi. Polisi telah menetapkan seorang berinisial AJ sebagai tersangka karena terlibat dalam konvoi Khilafatul Muslimin di jalan Desa Keboledan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (29/5/2022).

AJ merupakan Amir Khilafatul Muslimin Wilayah Cirebon Raya dan diduga menjadi dalang peristiwa itu. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Tengah, Haerudin, menyebut wilayah Soloraya, tepatnya Kabupaten Klaten, menjadi pusat atau basis anggota Khilafatul Muslimin terbanyak di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penjelasan lengkap tersaji di Konvoi Sepeda Motor, Cara Komunitas Khilafatul Muslimin Komunikasi.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menargetkan pada 2024 jalur rempah Nusantara menjadi warisan budaya dunia yang diakui UNESCO. Jalur rempah Nusantara adalah kisah ketangguhan pelaut-pelaut Nusantara pada peradaban bahari masa lalu.

Muhibah Budaya Jalur Rempah yang diselenggarakan kementerian ini pada 1 Juni 2022 hingga 2Juli 2022 adalah salah satu upaya menggaungkan keagungan peradaban bahari Nusantara itu. Rempah-rempah telah diperdagangkan oleh para pelaut Nusantara ke berbagai belahan dunia sejak masa awal Masehi—bahkan ada hipotesis menyatakan jauh sebelum itu—hingga kedatangan bangsa-bangsa asing ke Nusantara.

Periode ini dapat dianggap sebagai the first wave atau gelombang pertama berdagangan rempah dunia dengan pemeran utama pelaut-pelaut Nusantara. Banyak sumber menjelaskan aneka julukan diberikan kepada para pelaut Nusantara, seperti Penunggang Gelombang dan Setan Laut. Ulasan lengkap tersaji di Kisah Ketangguhan Setan Laut Layak Menjadi Warisan Budaya Dunia.

Kisah Panji merupakan cerita asli Indonesia yang berkembang pada masa abad ke-12 Masehi. Kisah ini banyak ditemukan pada relief atau arca candi, salah satunya di sejumlah situs kuno di lereng barat Gunung Lawu. Relief Panji merupakan interpretasi baru.

Tokoh ini tidak hanya dikenal di Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan Sulawesi. Cerita juga berkembang sampai mancanegara, antara lain Thailand, Vietnam, dan Myanmar. Cerita yang berawal dari cerita lisan di Jawa Timur ini digubah oleh masyarakat penerimanya ke dalam berbagai bentuk seni lain seperti seni rupa, seni sastra, dan seni pertunjukan. Penjelasan lengkap tersaji di Situs Lereng Lawu Punya Kisah Panji, Sosok Pria Bertopi di Banyak Candi.

Hasil riset Global Muslim Travel Index (GMTI) 2022 menunjukkan Indonesia menjadi negara dengan destinasi wisata halal terbaik kedua di dunia. Wisata halal memiliki konsep berbeda dengan wisata religi, wisata syariat, maupun wisata konvensional.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia turut mengembangkan destinasi wisata halal. Berbagai infrastruktur pendukung terus dibangun untuk mendorong destinasi wisata di dalam negeri yang ramah dengan kaum muslim.

Upaya tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan destinasi wisata halal terbaik kedua di dunia. Menurut riset Global Muslim Travel Index (GMTI) 2022 yang dibuat Crescent Rating bersama Mastecard, dengan skor sebesar 70 poin, Indonesia naik dua peringkat daripada tahun sebelumnya yang berada di urutan keempat. Ulasan lengkap tersaji di Beda Konsep Wisata Halal, Religi, Syariah dan Konvensional.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya