SOLOPOS.COM - Crazy Rich Surabaya, Wahyu Kenzo (IG @wahyukenzo88)

Solopos.com, MALANG — Seorang pengusaha asal Kota Malang, Jawa Timur berinisial MY menjadi pelapor yang membuat crazy rich Surabaya, Wahyu Kenzo ditahan polisi atas dugaan penipuan robot trading dengan kerugian total Rp9 triliun.

MY mengaku menjadi korban Wahyu Kenzo dengan kerugian Rp6 miliar.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Selain itu, MY juga mengaku ditipu karena Wahyu Kenzo belum melunasi utang pembelian tanah senilai Rp26 miliar miliknya.

Total MY mengaku merugi hingga Rp32 miliar akibat perbuatan Wahyu Kenzo yang bernama asli Dinar Wahyu Saptian tersebut.

Putra korban investasi robot trading, Rimzah saat memberikan keterangan kepada media di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (9/3/2023). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Putra MY, Rimzah mengatakan pada 2021 keluarganya turut dalam investasi robot trading Auto Trade Gold (ATG) yang ditawarkan oleh Wahyu Kenzo.

“Setelah melakukan pembicaraan dengan keluarga, kami ikut dalam investasi tersebut,” ucap Rimzah di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (9/3/2023), seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Rimzah menjelaskan, secara keseluruhan jumlah uang yang diserahkan kepada Wahyu Kenzo untuk berinvestasi pada robot trading ATG tersebut mencapai Rp6 miliar.

Namun investasi tersebut tidak dilakukan sekaligus.

Menurutnya, pada awalnya pihak keluarga berinvestasi senilai Rp1,99 miliar dan membeli robot trading seharga Rp42 juta.

Keeosokan harinya, ayahnya kembali melakukan transfer uang Rp4 miliar ke rekening Wahyu Kenzo.

Ia menambahkan, Wahyu Kenzo juga belum melakukan pelunasan pembelian tanah yang tersisa sebesar Rp26 miliar.

Sehingga secara keseluruhan, keluarga Rimzah mengalami kerugian mencapai Rp32 miliar dari proses jual beli tanah dan investasi robot trading.

Kecurigaan keluarga ada permasalahan pada investasi robot trading tersebut bermula pada saat akan melakukan penarikan keuntungan yang diperoleh.

Saat itu, pada saat melakukan penarikan pertama tidak bisa dilakukan.

“Kecurigaan kami mulai Februari 2022. Kami mencoba penarikan pertama, saat itu tidak ada uang yang bisa kami tarik. Kami konfirmasi kepada tersangka, dan disampaikan untuk menarik dengan jumlah lebih rendah,” tuturnya.

Sejak saat itu, Wahyu Kenzo sulit dihubungi sehingga korban kemudian melaporkan tersangka ke Polresta Malang Kota pada 23 September 2023.

Polresta Malang Kota menangkap Wahyu Kenzo di Surabaya, Jawa Timur pada pada 8 Maret 2023.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menetapkan Wahyu Kenzo yang merupakan crazy rich Surabaya sebagai tersangka dalam kasus investasi robot trading.

Diperkirakan, tersangka meraup keuntungan mencapai Rp9 triliun dengan jumlah korban mencapai 25.000 orang.

Pansaka Group

Selain sebagai pemilik robot trading ATG, Wahyu Kenzo adalah CEO Pansaka Group, perusahaan yang memproduksi alat kecantikan dan kesehatan.

Dikutip Solopos.com dari situs resmi www.pansaka.co.id, Rabu (8/3/2023), Pansaka adalah perusahaan penjualan langsung (direct selling) yang fokus pada pengembangan produk kecantikan dan kesehatan.

Pansaka berkantor di Jl. Tomang Raya No. 47G, Kecamatan Grogol, Petamburan, Jakarta dan Jl. Manunggal Kebonsari No.2B, Kebonsari, Kecamatan Jambangan, Surabaya, Jawa Timur.

Pansaka menyebut memiliki ribuan mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Perusahaan kami sudah memiliki SIUPL dan masuk sebagai anggota APLI yang menaungi perusahaan direct selling sejak pertengahan 2020. Dengan semangat baru Pansaka, kami ingin memperbesar jangkauan serta menjadikan Pansaka sebagai perusahaan direct selling Indonesia pertama yang siap mendunia,” kutip Solopos.com dari situs tersebut.

Ada sejumlah produk yang dihasilkan Pansaka yakni:

1. Enka Plus

Enka Plus merupakan minuman susu rasa vanila yang kaya kalsium, vitamin D, kolagen, dan rendah lemak.

2. Gluberry

Gluberry adalah minuman sumber kolagen yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kolagen ini diproduksi dari bahan alami dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui.

Penyanyi Rian D’Masiv dengan salah satu produk Pansaka. (IG @pansaka)

3. Greenshake

Yakni minuman kaya serat untuk menurunkan berat badan secara alami.

4. Jtea

Jtea merupakan minuman teh kaya antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh.



5. Koffiegra

Minuman kopi stamina untuk menambah stamina secara alami.

6. Micatea

Micatea merupakan minuman serbuk teh hijau yang berkhasiat menurunkan berat badan.

7. Vonela

Sabun kecantikan yang membantu membersihkan kulit dari bekas minyak, debu, dan kotoran yang menempel pada kulit.

Sosok Wahyu Kenzo menjadi perbincangan publik karena kerap berhubungan dengan sejumlah pejabat negara.

Dalam unggahan di akun Instagramnya, @wahyukenzo88, tampak Wahyu Kenzo berpose dengan beberapa tokoh nasional antara lain Ketua MPR Bambang Soesatyo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, tokoh pers Dahlan Iskan dan lain-lain.







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya