SOLOPOS.COM - Peringatan dini tsunami yang dirumuskan dan dijalankan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Solopos.com, JAYAPURA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Jayapura, Provinsi Papua mengatakan bahwa sirine tsunami akan berbunyi setiap tanggal 26 setiap bulan sebagai untuk keperluan pemeliharaan dan uji kerja alat tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Jayapura Herlambang Hudha di Jayapura, Sabtu (13/5/2023), mengatakan bahwa sirine tsunami saat ini telah diaktifkan kembali.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

“Jadi kami mengaktifkan kembali sirine tsunami BMKG Jayapura, setiap bulan pada tanggal 26 sirine ini akan berbunyi dan lokasinya di belakang kantor Majelis Rakyat Papua,” katanya, melansir Antara.

Menurut dia tujuan sirene tsunami ini dibunyikan setiap bulan untuk keperluan pemeliharaan uji unjuk kerja dan kesiapsiagaan sesuai standar operasional prosedur (SOP) sirine tersebut.

“Kami akan tes untuk membunyikan sirene pada pukul 10.00 WITA pada tanggal 26 dan bunyi sirene ini akan mencapai radius 3 sampai 5 kilometer dari gedung Majelis Rakyat Papua,” katanya.

Ia menjelaskan untuk kepentingan tersebut maka pihaknya mengimbau agar warga yang berada di sekitar Jayapura tidak panik ketika mendengar bunyi sirene tsunami.

“Kami sudah bersurat kepada 15 pihak seperti seperti Pemerintah Kota Jayapura, Kapolda Papua, Kepala BPBD Provinsi Papua dan lainnya terkait pelaksanaan membunyikan sirene setiap bulan,” katanya.

Balai Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura mengklaim telah memasang 10 peralatan seismograf, yakni Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) untuk memantau dan mendeteksi gempa bumi dan tsunami di wilayah Papua serta Papua Barat.

Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura Petrus Demon Sili di Jayapura, mengatakan khusus untuk Provinsi Papua dipasang di Kabupaten Boven Digoel, Jayapura, Keerom, Yahukimo dan Waropen.

 

Sumber: Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya