SOLOPOS.COM - Mahasiswa mengganti papan nama Universitas Brawijaya menjadi Borjuis sebagai sindiran biaya UKT yang mahal. (Istimewa/UB Fess)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memastikan bahwa pemerintah mengintervensi perguruan tinggi negeri (PTN) untuk membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tahun ini.

Dia memastikan bahwa mahasiswa tak akan ada mendapatkan kenaikan UKT yang tengah menjadi sorotan masyarakat. “Kami Kemendikbudristek telah mengambil keputusan untuk membatalkan kenaikan UKT pada tahun ini dan kami akan me-revaluasi semua permintaan keningkatan UKT dari PTN,” ujarnya kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (27/5/2025), dilansir Bisnis.com.

Promosi Peduli Lingkungan Hidup, Program BRI Menanam-Grow & Green Pulihkan Ekosistem

Nadiem mengaku bahwa dalam beberapa hari ke belakang Kementeriannya telah mendengarkan semua aspirasi dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa, keluarga, dan masyarakat mengenai concern mereka terkait adanya peningkatan UKT yang terjadi di PTN.

“Memang itu saya melihat beberapa angka-angkanya dan itu juga membuat saya pun cukup mencemaskan,” ucapnya. Dia mengaku usai pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memakan waktu hingga 1 jam, pemerintah sangat mengerti kekhawatiran tersebut.

Nadiem melanjutkan bahwa pihaknya juga sudah bertemu dengan para rektor dan mengambil keputusan untuk membatalkan kenaikan UKT di tahun ini dan akan merevaluasi semua permintaan keningkatan UKT dari PTN.

“Jadi untuk tahun ini tidak ada mahasiswa yang akan terdampak dengan kenaikan UKT tersebut dan kami akan mengevaluasi satu per satu permintaan atau permohonan perguruan tinggi untuk peningkatan UKT tapi itupun untuk tahun berikutnya,” tuturnya.

Sebelumnya, Nadiem memenuhi panggilan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara, pada siang ini. Masih dilansir Bisnis.com, Nadiem tiba di lingkungan Istana pada pukul 13.21 WIB dengan mengenakan batik berwarna krem. Dia mengaku dipanggil untuk membahas beberapa isu pendidikan.

“Bahas beberapa isu pendidikan mau lapor pak presiden,” ucapnya kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan. Lebih lanjut, dia mengamini bahwa Kepala Negara juga ingin membahas mengenai persoalan UKT yang tengah menjadi sorotan masyarakat. “Iya [UKT juga] ada beberapa isu [lainnya],” pungkas Nadiem.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Tok! Nadiem Makarim Batalkan Kenaikan UKT di PTN Tahun Ini”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya