SOLOPOS.COM - Menpora Zainudin Amali menyampaikan sambutan di hadapan ribuan pelajar pada penutupan Festival Pelajar Nusantara di Stadion Manahan, Solo, Senin (31/10/2022). (Humas Pemkot Solo)

Solopos.com, JAKARTA–Publik menunggu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang telah menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI 2023-2027.

Hingga Senin (27/2/2023) pengganti Zainudin Amali masih menjadi tanda tanya. Namun, Menpora mengisyaratkan sudah menyampaikan keinginan mengundurkan diri kepada Presiden Jokowi dengan menyebut ingin fokus di PSSI. Jokowi pun merestui.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Bahkan, dia sudah berpamitan dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Wapres mengaku Zainudin Amali sudah berpamitan kepadanya berkaitan keinginan Amali untuk mundur dari jabatan menteri.

“Pak Zainudin Amali itu hanya pamit sama saya dan memberi alasannya bahwa dia ingin fokus,” ujar Wapres kepada wartawan di sela kegiatan kunjungan kerja di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (24/2/2023) lalu, dikutip dari Antara.

Wapres mengatakan keputusan Zainudin Amali mundur sebagai Menpora setelah terpilih sebagai Waketum PSSI patut diapresiasi. Dia berharap dunia sepak bola nasional ke depan semakin baik.

“Saya kira itu bagus saja karena itu dia memilih untuk fokus. Saya kira itu pilihan yang patut diapresiasi sehingga kita harapkan sepak bola ke depan ini akan punya prestasi yang baik,” kata Wapres.

Mengenai kemungkinan adanya reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju bersamaan dengan keputusan mundurnya Amali dari kursi menteri, Wapres mengatakan hal itu merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo.

“Saya kira tidak ada hubungannya dengan reshuffle, beliau [Zainudin Amali] mundur. Soal reshuffle itu soal Presiden, nanti apakah Presiden mau melakukan itu apa tidak. Tapi, yang jelas, sekarang Menteri Olahraga mundur dan kalau nanti proses administrasi sudah berjalan, apakah presiden akan menunjuk menteri baru atau dijabat oleh siapa atau kemudian menggunakan kesempatan itu untuk me-reshuffle, itu urusannya Pak Jokowi, Pak Presiden,” jelas Wapres Ma’ruf.

 

Respons Presiden

Zainudin Amali mengaku sudah mendapat resru Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk fokus mengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Presiden masih menunggu surat pengunduran diri Menpora secara resmi. Pengganti Zainudin Amali pun ditunggu publik.

Hal itu menyusul terpilihnya Zainudin Amali sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Jokowi pun memastikan telah merestui pengunduran diri Zainudin Amali. Namun, dia menegaskan Zainudin Amali hingga saat ini masih menjabat sebagai Menpora sehingga tetap berdinas seperti biasa. Sebab, Menpora belun mundur secara resmi.

“Secara resmi belum [dinyatakan mundur], tertulis belum, tetapi secara informal [melalui laporan saat pertemuan dengan PSSI] sudah,” ujar Presiden Jokowi, Selasa (21/2/2023) lalu.

Jokowi juga tak membocorkan siapa yang nantinya akan menjadi pengganti Zainudin Amali. Alhasil, pengganti Zainudin Amali hingga kini belum diketahui.

Presiden memastikan segera mengambil menunjuk pengganti setelah Zainudin Amali resmi mengundurkan diri.

“[Nama] penggantinya nanti kalau sudah ada [nama] resminya baru saya bicara,” ucap Jokowi.

Sebelumnya, Zainudin Amali mengaku sudah mendapatkan restu dari Presiden Jokowi untuk fokus menangani sepak bola.

Dia menyampaikan hal itu seusai pertemuan bersama Kepala Negara dengan Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum (Waketum) II PSSI Ratu Tisha Destria, dan para Exco PSSI di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (20/2/2023).

Menpora Zainudin Amali mendapatkan posisi sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI 2023-2027 setelah Yunus Nusi mengundurkan diri.

Setelah menduduki jabatan Waketum PSSI, Zainudin Amali dikabarkan mengundurkan diri. Namun, hingga kini pengganti Zainudin Amali masih menjadi tanda tanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya