SOLOPOS.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun menjadi Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua. (Antara/ Qadri Pratiwi)

Solopos.com, JAYAPURA–Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun menjadi pengganti Lukas Enembe. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menunjuknya sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua menggantikan posisi Lukas Enembe yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka suap dan gratifikasi proyek di Papua.

Penunjukan Ridwan sebagai Plh. Gubernur Papua itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No. 100/326/184/SJ tertanggal 11 Januari 2023 tentang Penugasan Sekda Papua sebagai Plh. Gubernur Papua.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Saya sudah disampaikan oleh Kemendagri melalui Bidang Direktorat Jenderal Otonomi Daerah secara online atau melalui WhatsApp. Namun, untuk [SK] fisik baru akan diambil oleh Asisten Bidang Umum Setda Papua Derek Hegamur,” kata Ridwan Rumasukun yang menjadi pengganti Luka Enembe itu di Jayapura, Papua, Kamis (12/1/2023).

Menurut Ridwan, pelayanan pemerintahan Provinsi Papua hingga kini berjalan normal tanpa kendala. Pembangunan juga tetap berjalan seperti biasa seusai penangkapan Lukas Enembe di Papua pada Selasa (10/1/2023).

“Instruksi khusus dari Kementerian Dalam Negeri tidak ada. Untuk itu, saya berharap masyarakat memberikan dukungan kepada pemerintah daerah serta aparat dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Sebagai Plh. Gubernur Papua atau pengganti Lukas Enembe, Ridwan mengaku akan berkoordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Papua, instansi terkait, TNI, dan Polri.

“Setelah hari ini saya jadi Plh. Gubernur, secepatnya saya akan lakukan koordinasi dengan Forkompinda, baik kabupaten maupun kota,” ujarnya.

Sebelumnya, KPK menangkap Lukas Enembe di salah satu rumah makan di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua. Untuk menjalankan tugas yang ditinggalkan Lukas Enembe, Mendagri menunjuk Sekda sebagai pengganti.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya