SOLOPOS.COM - ASTRA Infra Group menyiapkan lebih dari 1.300 satuan tugas Lebaran 2023, yang telah kick off secara nasional melalui apel gelar pasukan yang dipusatkan di Tol Cipali, Selasa (4/4/2023). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Pengelola jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) siap menyambut musim mudik Lebaran 2023.

Pengelola menyiapkan beragam layanan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Group COO ASTRA Infra, Kris Ade Sudiyono, dalam keterangannya di Subang, Selasa (4/4/2023), menyatakan untuk mendukung layanan infrastruktur konektivitas dalam mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik lebaran tahun 2023, ASTRA Infra melalui delapan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memastikan setiap ruas jalan tol dalam kondisi baik, termasuk kondisi jalan dan kualitas marka jalan.

Di ruas jalan Tol Cipali dilakukan pelebaran lajur ketiga dari KM 72 hingga KM 85, Rest Area KM 86, KM 101, KM 102, dan KM 130 arah Jakarta dan Cirebon serta penambahan kapasitas area parkir di Rest Area KM 130 A dan B, KM 86 A dan B.

Sedangkan di ruas Tol Tangerang-Merak dilakukan penambahan lajur ketiga ruas Cikande-Serang Timur dari KM 51 hingga KM 72, alih fungsi gerbang tol Gerbang Tol Balaraja Timur Lama yang tidak berfungsi menjadi parking bay di KM 36.

Selain itu juga ada penambahan kapasitas parkir di Rest Area KM 43 dan KM 68 arah Merak yang akan digunakan sebagai area rekayasa lalu lintas untuk menghindari kepadatan di Pelabuhan Merak.

“Pada musim Lebaran tahun ini, selain mempersiapkan konektivitas infrastruktur yang lebih baik dan inovasi teknologi, kami juga mengajak masyarakat merencanakan perjalanan mudik dengan bijak, menghindari puncak arus mudik dan balik,” kata Kris Ade seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Kris menambahkan, ASTRA Infra Group menyiapkan lebih dari 1.300 satuan tugas Lebaran 2023, yang telah kick off secara nasional melalui apel gelar pasukan yang dipusatkan di Tol Cipali.

Untuk layanan keamanan dan kenyamanan telah disiapkan 36 armada patroli, 48 armada derek, 12 kendaraan rescue, 21 ambulans serta petugas call center yang selalu siaga 24 jam.

Total lebih dari 800 closed-circuit television (CCTV) yang terpasang di sepanjang jalan tol ASTRA Infra akan memantau kondisi trafik.

Untuk kenyamanan di rest area, selain persiapan fasilitas, juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas di beberapa rest area serta melakukan imbauan kepada pemudik untuk bijak memanfaatkan waktu saat berada tempat istirahat.

Menurut dia, untuk menghindari kepadatan yang mungkin terjadi di rest area, Kris mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mempersiapkan diri dengan mengisi bahan bakar dan uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

“Bila terjadi kepadatan di rest area, kami menyarankan agar pengguna jalan dapat memanfaatkan fasilitas istirahat di jalan arteri sebelum kemudian kembali ke jalan tol untuk meneruskan perjalanan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya