SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO – Pihak kepolisian telah menyiapkan puluhan personel untuk mengamankan wilayah Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta terkait kedatangan PB XIII Hangabehi dan PB XIII Tedjowulan, di Solo, Kamis (24/5/2012).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kapolresta Solo, Kombes Pol Asjima’in, menyatakan petugas yang diterjunkan berkisar 80-an personel. Namun demikian, jumlah petugas bisa bertambah dengan melihat perkembangan di lapangan. “Pada intinya kami telah siap jika diperlukan untuk pengamanan wilayah Keraton Surakarta. Jumlah personel yang terjun belum terlalu banyak, sekitar 80-an personel. Ya, sama dengan patroli rutin setiap hari, belum ada persiapan khusus,” kata Asjima’in saat dihubungi Solopos.com, Rabu (23/5/2012).

Apa yang diungkapkan Kapolresta Solo bukan tanpa alasan. Dia berkeyakinan sangat kecil kemungkinan ada kejadian luar biasa dalam menyambut kedatangan dua raja yang baru saja melakukan rekonsiliasi di Jakarta tersebut. “Jangan beranggapan pada hal-hal yang buruk. Antisipasi memang sangat penting. Kami telah menyebar beberapa anggota berpakaian preman untuk memantau secara keseluruhan wilayah Solo,” tegasnya.

Menurut Asjima’in, kendati tidak ada pengamanan khusus di wilayah Keraton Surakarta, namun pihaknya telah menyiapkan petugas pengendalian massa (Dalmas), Satuan Reskrim dan satuan Intelejen. “Mereka tetap bersiaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” pungkas Asjima’in.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya