SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Kentingan, Solo (ilustrasi/kampus-info.com)

Solopos.com, SOLO—Universitas Sebelas Maret (UNS)Solo menerima 1.904 mahasiswa dari jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT).

Jumlah tersebut diseleksi dari 61.197 orang yang mendaftar. Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS mengatakan, pada jalur ketiga tersebut, tingkat persaingannya cukup tinggi.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Ketua Panitia SPMB UNS, Sutarno, mengatakan tahun ini kuota yang disediakan untuk jalur UMBPT dari peminatan IPA sebanyak 977 orang, dan peminatan IPS sebanyak 927 orang.

Sutarno mengatakan jumlah 1.904 orang peserta UMBPT yang diterima tersebut adalah mahasiswa untuk program S1 dan Diploma.

Pada UMBPT tahun ini UNS mengklaim mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebab baik di IPA maupun di IPS, UNS menjadi universitas yang memiliki prodi dengan nilai rata-rata tertinggi.

“Untuk kelompok IPA itu di Kedokteran menjadi prodi yang memiliki rata-rata nilai yang diterima, tertinggi di Indonesia. Sedangkan untuk kelompok IPS, juga diraih UNS lewat Prodi Akuntansi,” papar dia.

Untuk Fakultas Kedokteran, UNS mendapat nilai rata-rata tertinggi yaitu 805,08. Dibawahnya ada Universitas Jendral Soedirman dengan rata-rata nilai 743,47.

Untuk keketatan seleksi, UNS juga meraih peringkat tertinggi. Menurut Sutarno, untuk kelompok IPA hanya 2,78 persen yang diterima, IPS hanya 3,55 persen. “Jadi sangat ketat. Di kedokteran misalnya, kami mengambil 34 orang, tapi pendaftarnya ada 6.200 orang. Nilai dari peserta pun UNS menduduki nilai tertinggi. Paling tinggi di UNS. Meskipun sudah terseleksi dari dua jalur sebelumnya,” lanjutnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya