SOLOPOS.COM - BERI PENJELASAN-Ketua Panlok 44 SNMPTN UNS, Prof Drs Sutarno PhD, memberikan penjelasan terkait SNMPTN Undangan di ruang sidang Rektor UNS, Senin (28/5/2012). (JIBI/SOLOPOS/Eni Widiastuti)

BERI PENJELASAN-Ketua Panlok 44 SNMPTN UNS, Prof Drs Sutarno PhD, memberikan penjelasan terkait SNMPTN Undangan di ruang sidang Rektor UNS, Senin (28/5/2012). (JIBI/SOLOPOS/Eni Widiastuti)

SOLO-Sebanyak 1.029 siswa SMA dan yang sederajat, telah diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Undangan. Dari jumlah tersebut, 369 siswa atau sekitar 20% berhak menerima beasiswa Bidikmisi senilai Rp6 juta/semester.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi MS, mengungkapkan tahun ini calon mahasiswa baru UNS berasal dari 33 provinsi di Indonesia. “Pengumuman SNMPTN Undangan dilaksanakan, Senin (28/5) pukul 00.00 melalui website,” jelasnya saat jumpa pers di ruang sidang Rektor UNS, Senin (28/5/2012).

Ketua Panitia Lokal (Panlok) 44 SNMPTN UNS, Prof Drs Sutarno PhD, mengungkapkan tahun ini jumlah pendaftar SNMPTN Undangan sebanyak 26.043 orang. Dari jumlah tersebut, ada 8.714 siswa yang diajukan sekolah menerima Bidikmisi. “Tapi setelah diseleksi, hanya 369 siswa yang berhak menerima Bidikmisi,” katanya.

Dari 1.029 calon mahasiswa baru UNS itu, terangnya, 12 siswa diterima melalui jalur prestasi. Rinciannya empat siswa berprestasi di bidang olahraga, satu siswa bidang seni, satu siswa penghafal Alquran dan enam siswa pemenang olimpiade internasional.

Dari segi peminat, ungkapnya, Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran UNS, paling diminati. Tahun ini jumlah pendaftar Prodi Pendidikan Dokter sebanyak 2.643 orang. Padahal kuotanya 66 orang. Sedangkan Prodi dengan peminat paling rendah adalah Pendidikan Teknik Bangunan, FKIP dengan peminat 133 orang dan kuotanya 10 orang.

Ravik juga mengungkapkan mahasiswa baru UNS tahun pelajaran 2012/2013 sudah dikenai kebijakan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT). Selama delapan semester, mahasiswa akan membayarkan jumlah biaya kuliah yang sama setiap semester dan hanya biaya itu yang dibayar. Setiap Prodi, UKT bervariasi.

Sutarno juga menambahkan pendaftaran SNMPTN Tulis akan ditutup Kamis (31/5) pukul 24.00 WIB. Hingga Senin, jumlah pendaftar ke UNS sebanyak 4.817 untuk program IPS, 2.519 untuk program IPC, 3.982 untuk program IPA. “Target kita jumlah pendaftar 18.000 orang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya