SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Penerbangan Solo akan kian ramai dengan rute baru yang dibuka Lion Air tujuan Batam dan Surabaya.

Solopos.com, SOLO — Lion Air agresif membuka rute baru meski kondisi ekonomi saat ini belum sepenuhnya membaik. Maskapai low cost carrier (LCC) atau bertarif murah ini membuka dua rute sekaligus, yakni Solo-Batam dan Solo-Surabaya pada Rabu (7/10/2015).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Station Manager Lion Air Group Solo, Taufik Dwi Setiadi, mengatakan rute Solo-Batam dan Solo-Surabaya ini beroperasi setiap hari dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800 yang berkapasitas 189 kursi.

Dia mengungkapkan Solo-Batam take off pukul 12.55 WIB sedangkan dari Batam pukul 15.35 WIB. Selama awal pembukaan rute baru ini, Lion Air memberikan tiket promo senilai Rp599.000.

Dia menyampaikan rute Solo-Surabaya untuk melengkapi rute yang sudah diisi oleh Wings Air mulai Juli 2014 dengan jadwal penerbangan pukul 10.35 WIB.

Oleh karena itu, Lion Air mengisi jadwal penerbangan malam, yakni take off pukul 18.15 WIB dari Bandara Adi Soemarmo dan pukul 19.45 WIB dari Bandara Juanda. Rute baru ini ditawarkan dengan tarif Rp295.000 selama masa promo.

“Pertumbuhan pasar di Solo bagus meski belum signifikan seperti Jogja tapi kami optimistis rute ini tetap diminati masyarakat. Apalagi dengan dibukanya rute Solo-Batam, masyarakat Solo bisa langsung direct flight menuju ke Batam. Kami menargetkan di awal pembukaan ini, masing-masing rute minimal load factor bisa 80%,” ungkap dia, Rabu (7/10/2015).

Dia mengungkapkan dalam penerbangan pertama Solo-Batam, tercatat load factor mampu mencapai 90% atau sekitar 170 kursi sedangkan rute Solo-Surabaya hingga Rabu siang sudah terjual 50% dari total kapasitas.

Dia menjelaskan rute Solo-Batam ini membidik masyarakat Solo dan sekitarnya yang bekerja di Batam mengingat kota tersebut merupakan kawasan industri.

Selain itu, pariwisata juga cukup menjanjikan karena wisatawan Singapura banyak yang berkunjung ke Batam atau dari Batam bisa dengan mudah menuju ke Singapura.

Sementara itu, rute Solo-Surabaya membidik kalangan pebisnis dengan tingkat mobilitas yang tinggi serta pariwisata. Bertambahnya dua jadwal penerbangan ini, berarti dalam sehari Lion Air Group memiliki 10 jadwal penerbangan dari Solo menuju ke berbagai kota di Indonesia.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan saat ini sedang menunggu izin dari Kementerian Perhubungan untuk mengoperasikan rute Solo-Balikpapan dan Solo-Banjarmasin.

Dia mengaku sudah memperoleh slot time atau jadwal penerbangan di masing-masing bandara. Taufik mengungkapkan dari dua rute yang diajukan tersebut, Solo-Balikpapan kemungkinan yang akan segera dioperasikan dalam waktu dekat.

“Meski ekonomi lesu tapi tidak berdampak signifikan terhadap bisnis penerbangan karena selama ini load factor masih terjaga di atas 70% saat weekdays dan hampir 100% di weekend. Apalagi kebutuhan transportasi terus meningkat sehingga kami optimistis rute-rute baru ini akan diterima dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya