SOLOPOS.COM - Indah yang dilaporkan hilang diyakini keluarga sebagai kerangka yang ditemukan di Cilincing, Jakarta Utara, Senin (23/1/2023) lalu. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Penemuan kerangka utuh manusia di area semak-semak perumahan di kawasan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara pada Senin (23/1/2023) lalu masih menjadi misteri.

Keluarga meyakini kerangka itu adalah Indah yang dinyatakan hilang sejak 26 Desember 2022.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Namun polisi menemukan fakta masa hilangnya Indah berbeda dengan waktu kematian manusia yang tinggal kerangka di Rorotan, berdasarkan hasil identifikasi kepolisian lewat proses autopsi.

Dari hasil autopsi diketahui, kerangka itu berjenis kelamin perempuan, masih berusia muda.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol. Gidion Arif Setyawan mengatakan hasil autopsi menunjukkan waktu kematian kerangka itu antara tiga sampai 12 bulan lamanya, bukan 1 bulan seperti dugaan waktu hilangnya Indah.

“Proses autopsi kerangka melibatkan sejumlah ahli forensik di Rumah Sakit Polri Kramatjati dengan metode investigasi kriminal secara ilmiah atau scientific crime investigation,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Keluarga Yakin

Sementara kerabat Indah, Marjan, menyatakan pihak keluarga meyakini kerangka tersebut adalah Indah.

Dugaan itu berdasarkan perhiasan yang ditemukan di dekat tempat penemuan kerangka, yang identik dengan perhiasan yang dimiliki adik sepupunya itu.

Perhiasan yang ditemukan tersebut adalah kalung dan cincin, sedangkan gelang yang dikenakan Indah saat itu, keluarga tidak berhasil menemukan di lokasi.

Namun kondisi jasad yang tersisa kerangka dan tanpa busana itu membuat identitas jenazah tersebut semakin sulit diidentifikasi.

Menurut Marjan, suami, ibunda, kakak, hingga anak Indah sudah dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramatjati untuk mencocokkan DNA mereka dengan kerangka yang ditemukan di Rorotan.

Seiring penyelidikan dan penggalian informasi soal identitas kerangka wanita itu, muncul rekaman CCTV yang merekam aktivitas Indah terakhir kali di kawasan Rorotan.

Rekaman CCTV itu tertanggal 26 Desember 2022, tertanda pukul 13.26 WIB.

Dalam video berdurasi 25 detik itu terlihat Indah sedang berjalan kaki menyusuri Jalan Malaka I Gang 2 RT 04 RW 12 Rorotan.

Hampir 13.30 WIB siang, Indah diketahui berjalan dari rumahnya di RT 08 RW 12 Rorotan tanpa diketahui keluarga.

Indah terlihat berjalan keluar gang tanpa tergesa-gesa alias dengan santai.

Dari belakang, rambut Indah yang panjangnya hampir sebahu itu tampak dikuncir. Indah juga terlihat mengenakan baju rajut dengan dominasi warna merah.

Ibu anak satu itu mengenakan celana tidur merah muda serta memakai sandal berwarna hitam.

Peranti CCTV milik warga di Jalan Malaka I, RT 04 RW 12 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, merekam semua aktivitas terakhir Indah, wanita muda yang menghilang sejak 26 Desember 2022.

Marjan mengatakan rekaman CCTV yang memperlihatkan aktivitas adiknya hanya ada satu.

“CCTV cuma ada di situ aja, yang arah dia mau jalan ke mana, begitu,” kata dia.

Kala itu Indah tiba-tiba berjalan keluar saat di rumahnya sedang ada suami dan anaknya.

“Waktu itu lagi tidur siang bareng suaminya, ada anaknya juga di rumah, sedangkan ibunya lagi mengaji. Suaminya bangun, dia langsung mencari istri dia ke mana. Begitu dibuka pintu kamar, Indah sudah enggak ada,” ujarnya.

Masalah Mental

Indah diketahui memiliki masalah mental. Yang bersangkutan sering hilang ingatan dan depresi selama sekitar dua tahun belakangan ini.



Wanita itu memang sudah beberapa kali diketahui menghilang dari rumahnya namun selalu ditemukan.

Kerangka manusia itu ditemukan oleh warga yang sedang mencari burung di semak-semak perumahan kawasan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (23/1/2023).

Biasanya proses tubuh manusia setelah meninggal lalu dikubur sampai menjadi kerangka membutuhkan waktu sekitar empat bulan.

Salah seorang warga di lokasi, Teguh, 50 tahun, mengatakan posisi kerangka wanita tersebut seperti sedang duduk saat ditemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya