SOLOPOS.COM - Dosen FMIPA UNS Solo, Pranoto, menjelaskan cara kerja sedotan ajaib yang diberi nama Prans Water Filter, hasil penelitian yang dilakukannya bersama tim, Kamis (2/4/2015). (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Penemuan baru berupa sedotan ajaib penjernih air dari FMIPA UNS ini memang fenomenal. Inilah cara kerjanya.

Solopos.com, SOLO — Sedotan ajaib penjernih air buatan dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tak hanya mampu menjernihkan air paling kotor sekalipun. Sedotan ini jauh lebih murah daripada alat penjernih air yang selama ini dijual di pasar.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Baca: Wow, Sedotan Ajaib UNS Mampu Lenyapkan Alkohol dalam Ciu!

Dosen FMIPA UNS, Pranoto, bersama timnya yang menemukan inovasi sedotan ajaib penjernih air ini mengatakan produk tersebut dijual dibanderol dengan harga sekitar Rp150.000. Bandingkan dengan penjernih air dengan teknologi ultraviolet yang harganya mencapai jutaan rupiah.

“Selain menjernihkan air, sedotan ajaib ini juga mampu mengubah kandungan alkohol dalam ciu atau minuman keras lain menjadi nol persen,” tambahnya.

Alat tersebut bekerja dengan memecahkan elektrolit pencemar. Setelah pecah, elektrolit akan diserap oleh lempung vulkanik tersebut dan akan menghilangkan bau.

Air yang dijernihkan dengan alat tersebut, menurut dia, dapat langsung dikonsumsi meskipun berasal dari sumber air terkotor sekali pun. Pranoto bahkan juga mengklaim, air yang disaring menggunakan alat buatannya memenuhi standar kesehatan sesuai aturan baku mutu air minum.

“Kami buat alat penjernih ini berukuran mini agar praktis jika hendak dibawa ke mana-mana. Tidak hanya bisa dipakai masyarakat, prajurit TNI yang tengah latihan di hutan juga bisa memanfaatkan alat ini saat mengambil air di hutan untuk dikonsumsi,” papar Pranoto.

Untuk membuktikan produk hasil penelitiannya tersebut, Pranoto menunjukkan penggunaan sedotan tersebut dengan menggunakan air sungai di dekat kampus UNS. Dia pun menyedot air sungai dan langsung mengkonsumsinya di hadapan wartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya