SOLOPOS.COM - Makam yang diduga sebagai Makam Alexander Agung III (dailymail.co.uk)

Solopos.com, YUNANI--Sebuah makam yang kemungkinan besar merupakan makam Alexander Agung ditemukan oleh para arkeolog di dekat kota Amphipolis.

Dilansir Daily Mail pada Jumat (23/8/2013), menurut kabar yang berembus sejak lama, bahwa Alexander Agung dimakamkan di Mesir. Namun para ahli menjadi bersemangat setelah mereka menemukan sebuah makam berdinding marmer dibawah sebuah gundukan besar di Yunani.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Struktur makam yang terbilang besar dengan ukuran panjang dinding 500 meter dengan tinggi 3 meter, dipercaya oleh arkeolog berisi makam dari keluarga raja Alexander Agung atau minimal berisi kuburan keluarga kerajaan Macedonia. Situs ini terletak di Amphipolis, 370 km sebelah utara Athena.

Menurut Kementerian Kebudayaan Yunani, pihaknya telah memerintahkan untuk melakukan pengalian gundukan. Namun, Kementerian tetap memperingatkan para arkeolog Aikaterini Peristeri yang menangani hal ini, untuk berhati-hati dalam berspekulasi karena hal ini bisa membentuk imajinasi publik.

Alexander Agung dikenal juga sebagai Alexander III. Raja terbaik yang dimiliki Macedonia, sebuah negara di bagian utara Yunani Kuno. Lahir di Pella 256 SM dan berguru pada filsuf kenamaan Yunani, Arisoteles sampai usia 16 tahun.

Ada beberapa cerita yang menyebutkan tentang tempat dimana Alexaner Afung dimakamkan setelah dirinya meninggal karena demam pada usia 32 tahun. Sejarah mengatakan bahwa sang raja diletakkan dalam sarkofadus emas penuh dengan madu untuk mengawetkan mayatnya, kemudian di makamkan di Memphis, kota sebelum Alexandria, Mesir. Namun bukti dari sejarah ini belum ditemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya