SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TUGU GANEFO—Seorang pengunjung berdiri dekat Tugu Ganefo, Senin (1/11/2011), yang menunjukan keberadaan api abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. (JIBI/SOLOPOS/Arif Fajar S)

Grobogan (Solopos.com)--Keberadaan api abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan cukup dikenal hingga tingkat internasional, salah satunya dalam kegiatan olahraga.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Sehingga tak mengherankan kemudian muncul usulan dari Ketua KONI Pusat, Rita Soebowo yang menginginkan pembangunan museum di komplek wisata Api Abadi Mrapen tersebut.

Sayangnya usulan pendirian museum yang akan memuat sejarah api abadi Mrapen tersebut, bakal terkendala status tanah Mrapen. Karena tanah dan bangunan di komplek Mrapen tersebut bukan milik Pemkab Grobogan.

“Usulannya memang bagus, setidaknya museum tersebut akan memberi gambaran keberadaan api abadi Mrapen yang sangat bersejarah bagi dunia olahraga. Namun Pemkab sulit mewujudkannya karena, status tanah tersebut milik pribadi pewaris Mrapen,” jelas Kepala Bappeda Grobogan, Drs H Pudjo Albachrun MSi, Selasa (1/11).

Api abadi Mrapen memiliki nilai sejarah cukup tinggi, sejumlah peristiwa penting pernah terjadi di lokasi tersebut. Seperti di November 1963, api abadi tersebut diambil untuk menyalakan obor Ganefo I. Tahun 1981 digunakan untuk upacara pengambilan Api PON X. Kemudian sumber api yang keluar dari perut bumi juga diambil untuk PON XII tahun 1989 dan PON XIV tahun 1996.

Selanjutnya Februari 1983 digunakan upacara pengambilan Api POR PWI I,  dan hampir setiap tahun Mrapen digunakan upacara pengambilan Api Waisyak. Terakhir, 23 November 2011, api abadi Mrapen diambil untuk  api Sea Games 2011 di Palembang.

“Karena status tanah milik pribadi maka harus dibeli oleh Pemkab untuk pembangunan museum. Hanya saja harga yang ditawarkan pewaris Mrapen cukup tinggi sekitar Rp 2,1 miliar. Sementara kondisi keuangan daerah tidak memungkinkan,” ungkap Pudjo.

Sementara anggota Komisi C (bidang pembangunan) DPRD Grobogan, Ahmad Suudi SSos mengusulkan agar lokasi obyek wisata api abadi Mrapen tersebut dibeli Pemprov Jateng.

“Sementara Pemkab Grobogan fokus menggunakan anggaran untuk  pembangunan infrastruktur seperti jalan dan gedung sekolah yang saat ini kondisinya banyak yang rusak,” sarannya.

(rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya