SOLOPOS.COM - Siswa SMKN 8 Solo mengikuti kegiatan mbraso gamelan massal yang digelar SMKN 8 Solo di sekolah setempat, Sabtu (7/2/2015). (Eni Widiastuti/JIBI/Solopos)

Pendidikan Solo ini tentang kegiatan Mbraso Gamelan Massal di SMKN 8 Solo.

Solopos.com, SOLO – Ratusan siswa Jurusan Karawitan SMKN 8 Solo, Sabtu (7/2/2015) pagi, mengikuti kegiatan Mbraso Gamelan Masal atau membersihkan alat musik gamelan secara bersama-sama.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Pantauan , siswa secara bergotong royong membersihkan alat musik gamelan yang sudah dikeluarkan dari dalam ruang karawitan. Jika gamelan yang dibersihkan bentuknya kecil, siswa membersihkan sendiri gamelan itu. Tapi jika kebetulan alat musik yang dibersihkan besar seperti gong, beberapa siswa bekerja bersama-sama.

Capek sebenarnya. Tapi karena dilakukan bareng-bareng teman jadi seru dan enggak terlalu terasa capeknya,” ungkap siswa kelas XI Jurusan Karawitan, Laras Probo, saat membersihkan kempul.

Ia menggunakan ampelas untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kempul itu, sambil disiram air. Selanjutnya, ia menggunakan campuran bensin dan sabun khusus untuk membersihkan alat gamelan itu, kemudian dibilas sampai bersih.

Siswa kelas XII Jurusan Karawitan, Hanif Pamujo Nugroho, mengaku sudah tiga kali mengikuti kegiatan Mbraso Gamelan Masal.

“Setiap akan ada pertunjukan tugas akhir siswa, pasti ada kegiatan mbraso gamelan,” jelasnya.

Sekretaris Jurusan Karawitan SMKN 8 Solo, Surono mengungkapkan kegiatan mbraso gamelan masal diikuti semua siswa Jurusan Karawitan SMKN 8 Solo sekitar 300 siswa.

Tujuannya untuk mengajak siswa ikut merawat alat musik gamelan yang dimiliki SMKN 8 Solo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya