SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru (Dok. JIBI/Harian Jogja)

Pendidikan seks kepada anak-anak menjelang remaja butuh pendekatan khusus.

Solopos.com, SOLO — Memasuki masa puber, anak-anak yang beranjak ke remaja sering kebingungan dengan perubahan bentuk tubuh yang dialaminya. Namun yang tak kalah sulit adalah pendidikan seks dan bagaimana cara memahamkan mereka tentang masa transisi itu.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Bagi sebagian anak perempuan, mereka akan panik saat mengetahui diri mereka tengah haid. Sementara, sebagian anak laki-laki, mereka akan bingung saat mengalami mimpi basah. Banyak anak-anak yang tidak tahu apa yang harus mereka lakukan.

Untuk mengatasi kebingungungan tersebut, SDIT Nur Hidayah Solo membekali sekitar 146 siswa kelas V dengan kegiatan Ceramah Dialog (Cerdik) tentang pubertas di sekolah, Selasa (17/2/2015). Rata-rata, siswa berusia 10-12 tahun. Siswa laki-laki sengaja dipisahkan dengan perempuan dalam pembekalan tersebut.

“Salah satu tanda bagi anak laki-laki yang telah akil balig, akan mengalami mimpi basah. Seperti ngompol dan celananya nanti basah. Tetapi ini berbeda karena ada rasa nikmat,” ujar salah satu guru, Sriyoko, kepada puluhan siswa di aula sekolah setempat, Selasa. Puluhan anak-anak pun cekikian mendengar penjelasan guru mereka tersebut.

Salah satu siswa, Ihsan Hafidz Salim, mengaku belum pernah merasakan mimpi basah. Namun demikian, siswa berusia sepuluh tahun itu mengaku sedikit tahu ciri-ciri saat mimpi basah. Menurutnya, mimpi basah berbeda dengan mengompol. “Mimpi basah itu beda dengan mengompol. Kalau mimpi basah yang keluar tidak pesing,” ujarnya di sela-sela kegiatan, Selasa.

Siswa lainnya, Muhammad Ghossan H, mengatakan air mani yang dikeluarkan saat mimpi basah memiliki kekentalan yang berbeda dibandingkan air seni. “Airnya lengket-lengket dan warnanya putih,” ujar siswa berusia 11 tahun itu.

Di ruangan lainnya, siswa perempuan dikenalkan dengan ciri-ciri akil balig. Setidaknya, ada dua tanda yang menunjukkan anak perempuan telah balig, yakni tanda primer dan sekunder. Tanda primer adalah menstruasi, sedangkan tanda sekunder misalnya pertumbuhan payudara serta tumbuh rambut pada organ tertentu.

Koordinator kegiatan, Wahyudi Nugroho, mengatakan anak sengaja dibekali agar tidak bingung saat menginjak balig. Dalam kesempatan tersebut, menurutnya, anak juga diberikan bekal agar mengetahui apa yang harus mereka lakukan.

“Mereka juga diajari seperti mandi besar, kewajiban menjalankan ibadah dan menutup aurat. Jadi anak-anak yang telah balig tidak lagi bingung jika mengalami perubahan fisik pada diri mereka,” ujarnya kepada Solopos.com di lokasi, Selasa.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Selamat! Pemkab Madiun Raih Opini WTP Ke-11 Kali Berturut-turut dari BPK

Selamat! Pemkab Madiun Raih Opini WTP Ke-11 Kali Berturut-turut dari BPK
author
Abdul Jalil Jumat, 3 Mei 2024 - 18:38 WIB
share
SOLOPOS.COM - Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, menerima penghargaan opini WTP yang kesebelas kali dari Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur, Karyadi, Kamis (2/5/2024). (Istimewa/Pemkab Madiun)

Solopos.com, MADIUN – Pemerintah Kabupaten Madiun berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023 dari Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Opini WTP yang diperoleh Pemkab Madiun ini merupakan yang kesebelas kali yang diperoleh secara berturut-turut. Pemkab Madiun berhasil mempertahankan prestasi di bidang akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Penghargaan opini WTP ini diterima langsung oleh Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto pada momen penyerahan laporan hasil pemeriksana BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2023 di auditorium kantor BPK RI Perwakilan Jawa Timur di Sidoarjo, Kamis (2/5/2024).

Koran Solopos

“Syukur alhamdulillah atas tindak lanjut pemeriksaan tahun 2023 Pemkab Madiun mendapat nilai terbaik yakni pada posisi tindak lanjut diperangkaan 98,59%. Nilai ini masuk dalam Kabupaten yang taat terhadap tidak lanjut rekomendasi BPK,” kata Tontro setelah menerima laporan hasil pemeriksaan LKPD 2023 oleh Kepala BPK Perwakilan Jatim, Karyadi.

Laporan hasil pemeriksaan LKPD 2023 ini diserahkan secara serentak kepada kepala daerah 38 kota dan kabupaten se-Jatim. Dia menjelaskan strategi yang dilakukan untuk menindaklanjuti pemeriksaan tahun 2023 ini merupakan iktikad baik dari para Organisasi Pernagkat Daerah Pemkab Madiun secara akumulasi yakni tidak hanya menindaklanjuti di tahun 2023, tetapi juga tahun 1990 bahkan tahun 1980.

“Alhamdulillah teman-teman OPD menelurusi aset-aset yang belum tercatat dan kemudian dimasukan dalam neraca, inilah yang merupakan atensi BPK terhadap penilaian Pemkab Madiun dan saya berharap sisanya agar mencapai 100% ini segera kita selesaikan,” kata Tontro.

Emagazine Solopos

Dia berharap opini WTP ini bisa dipertahankan kembali pada tahun-tahun mendatang. Untuk itu, ia berharap dan memberikan catatan kepada OPD agar di tahun 2024 ini segera menyelesaikan hasil pemeriksaan dan jangan ada OPD yang menambahkan catatan pada tahun anggaran berikutnya. Hal ini karena bagian dari konsistensi kinerja pemeirntah daerah. (ADV)

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Sah! Ini Daftar 50 Caleg Terpilih DPRD Kota Semarang 2024-2029 Hasil Pleno KPU

Sah! Ini Daftar 50 Caleg Terpilih DPRD Kota Semarang 2024-2029 Hasil Pleno KPU
author
Imam Yuda Saputra Jumat, 3 Mei 2024 - 18:33 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi DPRD Kota Semarang (dprd-semarangkota.go.id)

Solopos.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan 50 nama sebagai calon anggota legislatif (caleg) terpilih DPRD Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Penetapan tersebut dilakukan melalui rapat pleno terbuka pada Kamis (2/5/2024).

Mengutip keputusan KPU Kota Semarang nomor 791 tahun 2024, penetapan tersebut berisi daftar nama calon terpilih anggota DPRD Kota Semarang di tujuh daerah pemilihan (Dapil). Adapun perolehan kursi dari paling tinggi sampai paling rendah yakni PDIP 14 kursi, Gerindra 7 kursi, PKS dan Demokrat 6 kursi, PKB dan PSI 5 kursi, Golkar 4 kursi, kemudian PAN, PPP, dan Nasdem masing-masing 1 kursi.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Secara terperici, berikut daftar calon terpilih anggota DPRD Kota Semarang periode 2024-2029:

Dapil 1

Koran Solopos

1. Syahrul Qirom (PKB)
2. Joko Santoso (Gerindra)
3. Trivena Weyatin Soehendro (PDIP)
4. Michael (PDIP)
5. Siti Roika (PKS)
6. Swasti Asgawati (Demokrat)
7. Melly Pangestu (PSI)

Dapil 2

1. Sodri (PKB)
2. Nunung Sriyanto (Gerindra)
3. Dinda Ari Ayu Isnani (Gerindra)
4. Hanik Khoiru Solikah (PDIP)
5. Adi Subkhan Ifana (PDIP)
6. Rahmulyo Adiwibowo (PDIP)
7. Cahyo Adhi Widodo (Golkar)
8. Moh Rodhi (Nasdem)
9. Ali Umar Dhani (PKS)
10. Sugi Hartono (Demokrat)
11. Benediktus Narendra Keswara (PSI)
12. Hasan Bisri (PPP)

Emagazine Solopos

Dapil 3

1. Syaiful Bahri (PKB)
2. Herlambang Prabowo (Gerindra)
3. Lely Purwandari (PDIP)
4. Bambang Sri Wibowo (PDIP)
5. Mararas Apuwara (Golkar)
6. Dini Inayati (PKS)
7. Danur Rispriyanti (Demokrat)
8. F. Tika Mantofany (PSI)

Dapil 4

Interaktif Solopos

1. Gumilang FW alias Febri Soemarmo (PKB)
2. D Tunjung P (Gerindra)
3. Giyanto (PDIP)
4. V. Djoko Riyanto (PDIP)
5. Yosi Yonardo Garneda Rendra Putera (PDIP)
6. Anang Budi Utomo (Golkar)
7. Agus Riyanto Slamet (PKS)
8. Suciati (Demokrat)
9. Aisyah Firdausa (PSI)

Dapil 5

1. Ma’ruf (PKB)
2. Mualim (Gerindra)
3. Kadar Lusman (PDIP)
4. R Yuwanto (PDIP)
5. Suharsono (PKS)
6. Wachud Nurmiyanti (PAN)
7. Maftukah Wiwin Subiyono (Demokrat)



Dapil 6

1. Abdul Majid (Gerindra)
2. Rukiyanto Arif Budiman (PDIP)
3. Joko Susilo (PDIP)
4. Erry Sadewo (Golkar)
5. Joko Widodo (PKS)
6. Wahyoe Winarto alias Liluk (Demokrat)
7. Irwan Loekita Wiharto Karunia (PSI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Yamaha-Udinus Semarang Gelar Lomba Animasi, Ini Ketentuan dan Cara Daftarnya

Yamaha-Udinus Semarang Gelar Lomba Animasi, Ini Ketentuan dan Cara Daftarnya
author
Rohmah Ermawati Jumat, 3 Mei 2024 - 18:27 WIB
share
SOLOPOS.COM - Yamaha dengan Udinus bekerja sama menngelar sejumlah program, salah satunya lomba animasi bertajuk Udinus Animasi Feat Yamaha Moving Forw(Art) with Yamaha Fazzio. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG–Setelah sukses menggelar beragam aktitivitas di tingkat SMK yang dikemas dalam Yamaha to School tahun lalu, kini Yamaha kembali menggelar aktivitas serupa dengam membidik perguruan tinggi.

Kali ini, Yamaha memilih Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang lokasi pertama pelaksanaan program ini. Gebrakan pertama yang digelar Yamaha dengan Udinus adalah menggelar lomba animasi bertajuk Udinus Animasi Feat Yamaha Moving Forw(Art) with Yamaha Fazzio.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Lomba dengan kategori 2D dan 3D Animation Competition dalam bentuk Poster Ilustration secara umum dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori SMA/SMK dan kategori Mahasiswa/Umum. Selain itu, karya animasi peserta bersifat individu/kelompok, dan hanya boleh mengumpulkan 1 karya.

Ketentuan lain dalam lomba adalah karya tersebut harus orisinil, belum pernah dilombakan dan tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan kekerasan. Dalam lomba ini, ada total hadiah uang sebesar Rp10 juta dan puluhan juta rupiah beasiswa yang disediakan oleh Udinus.

Koran Solopos

“Sesuai komitmen Yamaha, kami akan dengan senang hati bekerja sama dengan institusi pendidikan untuk meningkatkan skill dan kualitas dari beragam kegiatan yang dilaksanakan institusi pendidikan. Karena Yamaha mempunyai tanggung jawab moral untuk secara terus-menerus meningkatkan kualitas dari mahasiswa atau siswa,” terang Cief DDS 3 Jateng-DIY PT Yamaha Indonesia Manufacturing Paul Himawan seusai penandatanganan MOU di Kampus Udinus, Semarang, Jumat (3/5/2024).

“Dan saat ini kami bekerja sama dengan Univeritas Dian Nusantara menggelar Lomba Animasi, karena kami meyakini dunia animasi dari waktu ke waktu terus meningkat kebutuhannya, dan Yamaha bersama Udinus ingin terus meningkatkan kualitas animasi melalui lomba semacam ini,” urainya.

MoU ditandatatangani oleh Paul Himawan serta pendiri sekaligus Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom yang didampingi seluruh wakil rektor dan beberapa dekan fakultas dan ketua jurusan.

Emagazine Solopos

Rangkaian Program Yamaha 2 University with Udinus Semarang yang dimulai dengan Lomba Animasi ini akan dilanjutkan dengan Seminar tentang Animasi pada akhir bulan Mei 2024. Dan rangkaian program ini akan ditutup bersamaan dengan awarding lomba animasi.

Terserap Dunia Kerja

Dalam kesempatan tersebut, Edi Noersasongko menyambut baik jalinan kerja sama dengan Yamaha. Karena untuk meningkatkan kualitas dari hasil pendidikan, baik di tingkat SMA maupun perguruan tinggi tidak hanya bisa dilakukan oleh institusi pendidikan, tapi dari pihak industri yang nantinya akan menggunakannya.

“Jadi saya sangat antusias dan menyambut positif kerja sama dengan Yamaha untuk Lomba Animasi kali ini, dan tentu saja kerja sama antara Udinus dengan Yamaha bisa dilanjutkan di bidang lain,” jelas Edi.

Interaktif Solopos

Dijelaskan Edi, sejak perguruan tinggi yang dipimpinnya membuka Program Studi Desain Komunikasi Visual, dari tahun ke tahun antusiasmenya terus meningkat.

Hal ini menunjukkan kalau kebutuhan bidang animasi oleh dunia industri demikian besarnya, dan rata-rata alumni DKV Udinus langsung terserap oleh dunia kerja dan juga tidak sedikit yang membuka lapangan usaha sendiri.

“Hal ini menunjukkan kalau dunia desain komunikasi visual yang antara lain di dalamnya ada animasi, sangat dibutuhkan oleh industri yang terus berkembang ini,” tutur Edi.



Bagi calon peserta yang berminat mengikuti lomba ini dapat mendaftar secara online melalui website animasi.udinus.ac.id dan @yamahajateng. Untuk batas pengumpulan hasil karya tanggal 1 Juni dan pengumuman finalis akan dilaksanakan tanggal 17 Juni.

Sedangkan untuk awarding diagendakan tanggal 28 Juni 2024. Nah, siap ikutan lomba animasi ini? Untuk info lebih lanjut bisa kontak dengan Ria (0895-2319-9088) atau Livia (0896-3976-0500).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories