SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Surabaya–Sebanyak 2.292 orang di Jawa Timur menderita HIV/AIDS. Jumlah tersebut berdasar data di Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jatim, mulai tahun 1989-2009.

Kenyataan ini menjadikan Jatim berada di peringkat ketiga di Indonesia dalam soal jumlah penularan penyakit HIV/AIDS. Adapun peringkat pertama dan kedua masih diduduki DKI Jakarta dan Jawa Barat

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

“Kondisi ini sangat memprihatinkan. Apalagi sekitar 680 penderitanya meninggal dunia,” kata Sekretaris KPA Jawa Timur Otto Bambang Wahjudi, Rabu (24/2).

Usia penderita AIDS lanjutnya, sebagian besar berumur 25 tahun ke atas dan didominasi oleh kaum perempuan. Penyebarannya yang terbanyak masih terdapat di 20 kota besar, seperti Surabaya, Malang, Sidoarjo, Kediri dan Madiun.

Untuk menekan laju penularan, KPA Jawa Timur telah meminta seluruh KPA kabupaten dan kota serta LSM yang membidani masalah HIV/AIDS mempertajam sosialisasi kepada masyarakat mengenai cara pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

“Yang terpenting adalah mendapatkan nama dan alamat penderita, sehingga mereka bisa segera tertangani,” kata Otto.

tempointeraktif/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya