SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas membersihkan pecahan kaca seusai dilakukan olah TKP oleh aparat Polsek Jaten di Bank Panin Cabang Palur, Karanganyar, Sabtu (4/1/2014). Pelaku yang diperkirakan berjumlah dua orang masuk dengan membuka paksa rolling door dan memecah pintu kaca, pelaku berhasil membawa dua CPU komputer dan satu monitor. (JIBI/Solopos/Ardiansyah Indra Kumala)

Solopos.com, KARANGANYAR — Aksi pembobolan kantor bank terjadi di Kantor Bank Panin di Jalan Raya Palur KM 5, Sabtu (4/1/2014) pukul 05.15 WIB. Tak ada uang yang raib dalam kejadian tersebut, namun dua CPU dan satu monitor milik manajemen bank raib digondol pencuri.

Total kerugian dalam aksi pembobolan tersebut ditaksir senilai Rp15 juta. Informasi yang dihimpun Solopos.com, kejadian tersebut kali pertama diketahui Yuli, warga yang berdomisili tak jauh dari Kantor Bank Panin. Saat melintas di depan bank, Yuli melihat rolling door dan pintu kaca setebal 2 cm rusak.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Selanjutnya, Yuli melapor ke Polsek Jaten. Tak berapa lama, aparat kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Berdasarkan penyelidikan polisi, aksi pembobolan bank tersebut dilakukan dua orang tak dikenal. Dalam menjalankan aksinya, dua orang ini menggunakan helm sebagai penutup wajah.

Setelah menggondol dua CPU dan satu monitor, kedua pelaku berboncengan mengendarai sepeda motor ke arah timur atau ke arah Karanganyar. Aksi pembobolan bank itu sempat terekam CCTV milik bank. Penyelidikan yang dilakukan kepolisian juga mengacu pada rekaman CCTV tersebut.

“Saat ini masih dilakukan penyelidikan. Total kerugian ditaksir Rp15 juta. Saat kejadian, bank tidak dijaga satpam [saat kejadian, pelayanan bank tutup],” kata Kapolsek Jaten, AKP Poniran, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Reni Narmadiana, saat ditemui wartawan di sela-sela olah TKP.

Salah satu anggota Satpam Bank Panin Palur, Suhendri, mengatakan olah TKP itu sempat mengagetkan dirinya. Suhendri yang tiba ke bank sebelum pukul 07.00 WIB tak dapat masuk ke kantor bank lantaran sudah dipasang garis polisi.

“Di sini sebenarnya ada tiga satpam. Tapi, saat kejadian memang tidak ada penjaganya. Saya sendiri mestinya bertugas menjaga bank mulai pukul 07.00 WIB. Dalam kejadian ini tak ada uang milik bank yang hilang. Tentang kejadian ini, semuanya sudah dilaporkan ke kepolisian,” katanya.

Ponco Suseno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya