SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Rachman/JIBI/Bisnis)

Pencatutan nama Jokowi-JK disidangkan di MKD dengan agenda mendengarkan kesaksian Sudirman Said. JK pun ikut memantau.

Solopos.com, JAKARTA — Pelaksanaan sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang membahas kasus pelanggaran etik Ketua DPR Setya Novanto mendapat perhatian besar dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sidang sidang terbuka ini menghadirkan Menteri ESDM Sudirman Said.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Juru Bicara Wakil Presiden, Husain Abdullah, mengatakan Wapres Jusuf Kalla menonton kesaksian Menteri ESDM Sudirman Said dalam sidang MKD melalui televisi di ruang kerjanya, Rabu (2/12/2015) siang. Sembari menyimak tayangan langsung itu, tuturnya, Kalla juga sempat mencatat beberapa hal.

“Nonton [sidang MKD], tadi sempat mencatat yang perlu dicatat,” katanya di Kantor Wakil Presiden, Rabu (2/12/2015).

Menurut Husain, sebagian besar hal yang disampaikan Sudirman Said dalam sidang tersebut sudah dilaporkan terlebih dahulu kepada Wapres. Karena itu, JK hanya mengikuti proses sidang MKD untuk mengetahui pertanyaan para anggota MKD dalam sidang tersebut.

Rabu siang sekitar pukul 14.20 WIB, JK juga mendadak diminta menemui Presiden Jokowi di Istana Presiden, Jl. Merdeka Utara. Husain memperkirakan keduanya membicarakan kasus pencatutan nama keduanya oleh Setya Novanto dalam lobi kepada PT Freeport Indonesia.

Hari ini, Sudirman Said memberikan kesaksian dalam sidang MKD atas kasus dugaan pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden untuk meloloskan proyeknya ketika lobi renegosiasi perpanjangan kontrak dengan Freeport.

Dalam keterangannya, Sudirman Said membacakan kembali surat laporan yang pernah dikirimkan kepada MKD. Sudirman menyatakan bahwa transkrip yang diserahkan sebelumnya adalah pokok-pokok dari rekaman percakapan antara Setya Novanto dan Direktur Utama (Dirut) Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, serta pengusaha Reza Chalid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya