SOLOPOS.COM - Pimpinan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) saat menangani sebuah perkara, beberapa waktu lalu. (Setkab,go.id)

Pencatutan nama Jokowi akan dilanjutkan besok dengan menghadirkan Setya Novanto. Malam ini, Sidang Rakyat digelar di program Mata Najwa.

Solopos.com, JAKARTA — Setelah bersidang menghadirkan Sudirman Said dan Presdir Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, tiga anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) “disidang” dalam program Mata Najwa yang bertajuk Sidang Rakyat Mosi Tidak Percaya, Minggu (6/12/2015) malam ini.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Ada tiga anggota MKD yang dihadirkan dalam forum ini, yaitu Wakil Ketua MKD dari PDIP Junimart Girsang, anggota MKD dari Fraksi Golkar Ridwan Bae, dan Supratman dari Fraksi Partai Gerindra. Mereka duduk bertiga menghadap panelis yang terdiri atas Romo Benny Susetyo, Sholahuddin Wahid (Gus Solah), dan pengamat politik Yunarto Wijaya.

Romo Benny yang mendapat giliran bicara pertama mengkritik dengan keras bahwa MKD tidak beretika. Dia mengutip definisi Immanuel Kant tentang etika yang kemudian dia gunakan untuk menguatkan opini tentang etika MKD.

Ridwan Bae yang sempat disorot karena pertanyaannya saat MKD menghadirkan Sudirman Said, menanggapi kritik itu. “Kami mencari benar atau salah, jadi ini cara kami dalam memeriksa bukti itu. Jadi tolong masyarakat bersabar,” ujarnya.

Sesepuh NU, Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah, langsung menanggapi ucapan Ridwan bahwa MKD sedang mencari yang benar dan yang salah. “Ada yang salah di sini, dia mengatakan MKD mencari benar dan salah, padahal MKD ini kan seperti dewan etik, bukan mencari benar atau salah, tapi baik dan buruk, patut tidak patut,” kata Gus Sholah.

Benny pun menimpali. “Mereka ini enggak tahu apa itu etika, menurut Immanuel Kant, etika adalah sesuatu untuk menentukan yang baik dan buruk. Itu kok.”

Junimart Girsang menyatakan keprihatinannya atas situasi ini. “Kalau kemarin MKD dianggap mengadili, kami yang sekarang diadili oleh rakyat, saya prihatin dengan situasi ini. Kami berharap besok kami akan cerdas, ya lebih cerdas dalam sidang besok,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya