SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Pencairan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahap I bagi sejumlah SD di Kota Solo tinggal menunggu kepastian dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Drs Rakhmat Sutomo MPd saat ditemui Espos di kantornya, Rabu (28/10), mengatakan proposal pengajuan pencairan DAK sudah dikirimkan kepada Kepala DPPKAD, Anung Indro Susanto pada pekan lalu.
Menurutnya, proposal itu sudah dilengkapi dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) dan gambar rancang bangun masing-masing sekolah penerima DAK.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Kita sudah menjalankan apa yang sudah menjadi wewenang Disdikpora. Kalau soal pencairan itu bukan kewenangan kita. Jadi, kalau ditanya kapan pencairannya ya kita tidak bisa menjawab karena dananya tidak berada di DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) Disdikpora,” tutur Rakhmat.

Dikatakannya, DAK merupakan belanja hibah yang termasuk kategori belanja tidak langsung milik DIPA DPPKAD. Dengan demikian, ditegaskannya, Disdikpora tidak mempunyai peran dalam pengelolaan keuangan DAK. Dikatakannya, Disdikpora hanya bertugas memandu sekolah dalam menyusun proposal dan membuat perencanaan DAK.

Menurutnya, pencairan DAK akan ditransfer langsung melalui nomor rekening masing-masing sekolah. Jumlah yang diterima masing-masing sekolah berbeda-beda tergantung dengan anggaran yang diterimanya.

Saat ditanya, apakah nanti masing-masing SD penerima DAK bisa menyampaikan surat pertanggungjawaban (SPj) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, Rakhmat menjawab bisa. Menurutnya, pencairan DAK tahap I memang belum terealisasi, kendati demikian masing-masing SD sudah memulai proses renovasi jauh-jauh hari.

m82

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya