SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jogja–Pemerintah Kota Jogja menargetkan penataan kios pedagang di Terminal Giwangan dengan memindahkan semua pedagang di lantai dua ke lantai satu dapat diselesaikan pada triwulan ketiga 2011 atau September. “DED (detail engineering design) penataan terminal sudah selesai pada 2010, tahapan selanjutnya adalah memasukkannya ke pelelangan. Februari diharapkan sudah masuk sehingga pada triwulan ketiga seluruh penataan sudah dapat diselesaikan,” kata Kepala Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah (DBGAD) Kota Yogyakarta Hari Setyowacono di Jogja, Kamis (27/1).

Menurut dia, penataan di Terminal Giwangan tersebut akan difokuskan pada pemindahan seluruh aktivitas ekonomi di lantai dua ke lantai satu, termasuk ruang tunggu penumpang yang kini berada di lantai dua. Dasar penataan yang digunakan pemerintah, lanjut Hari, adalah masukan dari berbagai komunitas yang ada di Terminal Giwangan, seperti agen tiket dan pedagang makanan.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Ia berharap, dengan memindahkan semua aktivitas di lantai dua ke lantai satu, Terminal Giwangan akan lebih ramai. “Penumpang tidak lagi harus naik ke lantai dua untuk beli tiket kemudian turun lagi untuk naik bus. Semua kegiatan sudah dipusatkan di lantai satu,” katanya. Berdasarkan keinginan dari komunitas tersebut,  Pemerintah Kota Jogja  menganggarkan dana total Rp1,613 miliar, dan Rp1,59 miliar di antaranya digunakan untuk penataan fisik Terminal Giwangan, seperti pembangunan kios baru.

Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya