SOLOPOS.COM - ERUPSI MERAPI -- Ada yang berpendapat bentuk gumpalan asap tebal yang muncul saat erupsi hebat Gunung Merapi tahun 2010 silam ini sempat menunjukkan wujud mirip raksasa atau sosok yang disebut Mbah Petruk, tokoh gaib penjaga gunung. (JIBI/SOLOPOS/dok)

WAJAH DI MARS -- Foto yang diambil dari dokumentasi penginderaan permukaan Planet Mars menunjukkan objek berbentuk wajah manusia. (nssdc.gsfc.nasa.gov/photo_gallery)

SOLO – Wujud yang menyerupai tengkorak karakter Ghost Rider pada jilatan api saat kebakaran di kompleks Ruko di Jalan KH Ahmad Dahlan, Keprabon, Solo, Selasa (21/2/2012) lalu cukup menarik perhatian. Penampakan-penampakan wujud pada fenomena alam ini juga sudah sering dilihat dalam berbagai kesempatan dan di berbagai belahan dunia.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

PENAMPAKAN AWAN -- Bentuk mirip wajah manusia terlihat pada awan yang kebetulan difoto di Kanada ini. (scottcwarring.blogspot.com)

Bahkan, penampakan seperti itu juga terekam pada salah satu foto permukaan Planet Mars dari badan antariksa AS, NASA, dan sempat bikin heboh pada tahun 1990-an. Foto permukaan dari salah satu bagian Planet Mars itu memperlihatkan wujud yang mirip wajah manusia. Sempat muncul berbagai spekulasi seperti misalnya “wajah” itu adalah bukti bahwa ada makhluk cerdas di Planet Merah itu yang berupaya berkomunikasi dengan manusia Bumi. Namun akhirnya aneka spekulasi itu pun padam.

Contoh “penampakan” lain adalah bentuk mirip wajah manusia yang terlihat pada foto awan yang diambil di daerah New Bruswick, Kanada. Foto ini, yang antara lain dimuat di blog berisi ulasan berbagai penampakan, menunjukkan bentuk awan yang kalau dilihat memang mirip wajah manusia dilihat dari samping, dengan bentuk hidung, mata dan telinga yang jelas.

ERUPSI MERAPI -- Ada yang berpendapat bentuk gumpalan asap tebal yang muncul saat erupsi hebat Gunung Merapi tahun 2010 silam ini sempat menunjukkan wujud mirip raksasa atau sosok yang disebut Mbah Petruk, tokoh gaib penjaga gunung. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Fenomena erupsi hebat Gunung Merapi akhir tahun 2010 silam juga sempat memunculkan isu penampakan wujud gaib raksasa. Ada juga yang menyebut, penampakan yang terlihat pada kepulan asap erupsi Merapi itu menunjukkan wujud Mbah Petruk, sosok yang disebut sebagai salah satu “penjaga gaib” Gunung Merapi.

Apakah betul begitu? Silakan Anda simak sendiri dan pikirkan pendapat Anda….

JIBI/SOLOPOS/R Bambang Aris Sasangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya