SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Pemprov DKI Jakarta harus menghadapi masalah hilangnya aset daerah akibat peralihan fungsi, khususnya di Jakarta Pusat.

Solopos.com, JAKARTA — Minimnya pengawasan mengakibatkan sejumlah aset milik Pemprov DKI Jakarta di wilayah Jakarta Pusat beralih fungsi. Salah satunya bangunan rumah dinas kepala sekolah yang berlokasi di Jalan Danau Limboto RT 21/04, Kelurahan Bendungan Hilir, Tanah Abang.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 150 meter persegi tersebut diketahui telah dirombak total menjadi sebuah perkantoran megah milik swasta.

Padahal, saat bangunan tersebut dirombak, Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban (P2B) Jakarta Pusat sudah memberi peringatan keras dengan memasang papan segel di dinding bangunan itu. Namun, langkah tegas P2B tidak dihiraukan.

“Pengawasan dari instansi terkait memang sangat lemah. Kalau terus dibiarkan lama-lama aset milik DKI bisa hilang satu per satu,” kata Hidayatullah, Camat Tanah Abang, Senin (9/2/2015), seperti dikutip dari beritajakarta.com.

Menurut Hidayatullah, di Tanah Abang sudah cukup banyak aset milik Pemprov DKI Jakarta yang hilang akibat minimnya pengawasan. Salah satunya lapangan olahraga di Bendungan Hilir.

“Beberapa waktu yang lalu kita sudah bebaskan 5.000 bangunan yang berdiri di atas fasos/fasum yang ada di Tanah Abang. Rumah dinas dokter juga akan kita ambil alih kembali,” ujar mantan Camat Senen ini.

Dihubungi terpisah, Asisten Bidang Pemerintahan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat, Sujanto, menuturkan pihaknya tengah melakukan pendataan untuk menyelamatkan aset milik Pemprov DKI Jakarta yang dikuasai pihak lain.

“ita tengah lakukan pendataan. Karena saat ini masih ada aset yang hilang dan masih terdaftar serta memiliki sertifikat. Semuanya kita akan ambil alih kembali tanpa terkecuali,” ujar Sujanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya