SOLOPOS.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) (Rachman/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengundurkan diri dari daftar calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terpilih periode 2014-2019. Hal itu diungkapkan Ketua KPU, Husni Kamil Manik, di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

“Kami sudah menerima surat tembusan pengunduran diri Lukman Hakim Saifuddin tadi pagi [Selasa-2/9/2014]. Alasannya, beliau menjadi penanggung jawab pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Jadi sebagai bentuk pertanggungjawaban dia, makanya mengundurkan diri,” kata Husni Kamil Manik di Gedung KPU Pusat, Jakarta, seperti dikutip Antara.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Namun, KPU belum dapat memproses penggantian calon terpilih tersebut karena surat tembusan itu baru berasal dari pihak calon anggota DPR terpilih [Lukman Hakim Saifuddin] dan belum ada dari DPP PPP.

“Kami [KPU] belum dapat memproses karena DPP PPP belum mengirimkan surat permintaan penggantian calon terpilih, meskipun yang bersangkutan sudah mengajukan pengunduran diri,” jelasnya.

Dalam Pemilu 2014 lalu, Lukman Hakim Saifuddin lolos menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah VI yang meliputi Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Dia menjelaskan proses penggantian calon anggota DPR masih dapat dilakukan sebelum pelantikan Anggota DPR dan DPD pada 1 Oktober 2014 mendatang. Penggantian calon terpilih dapat dilakukan jika ada permintaan sendiri dari calon terkait, meninggal dunia, atau ada persyaratan yang tidak memenuhi.

Selain itu, KPU juga telah menerima permintaan penggantian calon anggota DPR terpilih dari Partai Amanat Nasional (PAN), Laurens Bahang Dama, yang meninggal karena kecelakaan beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya