SOLOPOS.COM - Pemilu 2014 (JIBI/Dok)

Solopos.com, SEMARANG — Bawaslu Jateng menerjunkan sekitar 100.000 anggota pengawas dan relawan untuk mengawasi pelaksanaan kampanye terbuka Pemilu 2014, yang dimulai Minggu (16/3/2014) ini. Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jateng, Abhan Misbah, mengatakan anggota pengawas dan relawan akan disebar di 35 kabupaten/kota.
”Kami menerjunkan 100.000 orang pengawas, terdiri dari 25.000 anggota pengawas dan 70.000 orang relawan untuk mengawasi pelaksanaan kampanye terbuka di seluruh wilayah Jateng,” katanya ditemui Solopos.com seusai Sosialisasi Bersama Steakholder Pemilu 2014 di Hotel Patra, Kota Semarang, Sabtu (15/3/2014).
Sosialisasi diikuti sejumlah calon anggota DPR, DPD, DPRD peserta pemilu, tim sukses, serta para relawan pengawas yang direkrut Bawaslu. Abhan menambahkan, bila terjadi pelanggaran kampanye, maka akan dilakukan penindakan terhadap partai politik  (parpol).
”Bentuk penindakan tergantung pelanggarannya. Untuk itu kami mengimbau parpol bisa mematuhi aturan kampanye yang ada,” harapnya.
Sementara, mengawali kampanye terbuka perdana, pada Minggu ini, Partai Golkar akan membuat kuning Kota Semarang.
Sekretaris DPD Partai Golkar Jateng, Iqbal Wibisono, mengungkapkan akan mengerahkan puluhan ribu kader dan simpatisan untuk memenuhi kampanye terbuka di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Semarang.
Kampanye menghadirkan juru kampanye nasional, yakni Menteri Kordinator Kesejahteraan Rekyat (Menkokesra) Agung Laksono dan Menteri Menteri Kelautan dan Perikanan, Syarif Tjitjip Soetardjo. ”Kampanye di Simpang Lima juga dimeriahkan penampilan artis ibukota,” katanya tanpa menyebutkan nama artis.
Iqbal menambahkan dengan mengusung slogan kampanye ”Suara Golkar, Suara Rakyat”, mentargetkan dapat meraih 20% suara atau 20 kursi di DPRD Jateng dan 30% suara di DPR. Terpisah, Partai Keadilan Sejahtra (PKS) dan Partai Terpisah, Sekretaris DPW PKS Jateng, Ahmadi, menyatakan akan menggelar kampanye besar-besaran di Solo dan Semarang.
Untuk menarik dukungan masa akan menerjunkan jurkam nasional, antara lain mantan Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid dan Presiden PKS, Anis Matta. ”Target PKS masuk tiga besar, dengan memperoleh 14 kursi di DPRD Jateng dan 12 kursi di DPR,” ungkap Ahmadi yang juga caleg DPRD Jateng ini seusai dialog dengan Forum Wartawan Pemprov dan DPRD Jateng.
Sedangkan Wakil Ketua DPD Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, mengungkapkan Ketua Dewan Pembina Gerindra, Prabowo Subianto akan turun pada kampanye terbuka di Sragen. ”Pak Prabowo sebenarnya juga berkampanye di daerah lain, tapi memilih turun di Sragen untuk meraih suara di wilayah Soloraya,” kata dia sambil menambahkan mentargetkan meraih 20% suara.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya