SOLOPOS.COM - Abraham Samad (Paulus Tandi Bone/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA— Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad mengaku kecewa dengan terpilihnya Setyo Novanto sebagai Ketua DPR.

Pasalnya nama Setyo kerap muncul dalam beberapa kasus tindak pidana korupsi yang sedang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, Mayoritas Analis Rekomendasi Beli Saham BBRI

“Jadi KPK juga kecewa dengan terpilihnya Ketua DPR baru,” tutur Samad dalam pesan singkatnya, Kamis (2/10/2014).

Samad sangat berharap sosok anggota DPR RI yang baru adalah seseorang yang memiliki integritas dan bersih serta tidak terlibat dengan kasus korupsi apapun.

“Sebenarnya KPK menginginkan Ketua DPR yang terpilih itu orang yang bersih dan tidak punya keterkaitan dengan kasus-kasus hukum,” kata Samad.

Kendati demikian, Samad tetap menghargai proses pemilihan Ketua DPR baru periode 2014-2019 dan berharap dapat bekerja dengan baik.

“Kita tetap menghargai proses yang sudah terjadi di DPR RI,” tukasnya.

Seperti diketahui, nama Setya Novanto pernah muncul dalam rekaman pembicaraan terdakwa mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar?. Setya disebut-sebut sebagai orang yang membiayai sengketa Pilkada Jawa Timur.

Kemudian dalam perkara Cessie Bank Bali, nama Setya juga terindikasi kuat terlibat langsung ?dengan PT Era Giat Pratama yang merupakan pemenang penagihan piutang dari Bank Bali.

Dalam kasus yang telah merugikan negara Rpp546 Miliar tersebut, Setya Novanto diberi hadiah SP3 oleh pihak Kejaksaan pada tahun 2000, padahal sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka.

Selanjutnya dalam kasus dugaan suap revisi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2010 tentang penambahan biaya arena menembak PON Riau. Dalam kasus yang telah menjerat mantan Gubernur Riau Rusli Zainal tersebut, ruangan Setya Novanto di lantai 12, Nusantara I DPR RI pernah di geledah oleh tim penyidik KPK karena diduga kuat Setya terlibat dalam perkara tersebut.

Berikutnya dalam dugaan tindak pidana korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Nama Setya Novanto disebut-sebut oleh Muhammad Nazaruddin, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat. Nazar mengatakan bahwa Setya telah membagi-bagikan fee proyek e-KTP ke sejumlah anggota DPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya