SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kupang–Pemerintah Timor Leste yang diwakili Menteri Sekretaris Negara Timor Leste Bidang Keamanan, Fransisco da Costa Guterres meminta maaf kepada pemerintah Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Timur (NTT) terkait kasus penembakan yang menewaskan warga NTT di Timor Leste.

“Mereka meminta maaf atas kasus tersebut dan menyampaikan berbelasungkawa kepada keluarga korban,” kata Asisten I Setda NTT, Yos Aman Mamulak di Kupang, Sabtu (8/8).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Warga NTT asal Kabupaten Flores Timur, Hamid Malik tewas ditembak orang tak dikenal di Ermera, Negara Timor Leste, Kamis (30/7) lalu. Malik diketahui adalah seorang pedagang yang sering melakukan perjalanan ke Negara Timor Leste.

Motif penembakan terhadap warga NTT, kata Mamulak, tidak atas kepentingan politik, karena kasus tersebut semata-mata akibat hutang piutang.

“Korban dan pelaku terlibat utang piutang yang belum dilunasi, sehingga pelaku menembak korban,” katanya.

Sebagai wujud permintaan maaf, kata Mamulak, Pemerintah Timor Leste mengurus kepulangan jenazah ke kampung halamannya di bagian timur pulau Flores.
“Korban sudah dipulangkan dan dimakamkan di kampung halamannya,” katanya.

Guna mengatasi munculnya kejadian-kejadian seperti ini, kata Mamulak, kedua negara sepakat untuk memperketat pengawasan di lintas batas.

Walau demikian, pemerintah Timor Leste menyetujui penggunaan Pas Lintas Batas (PLB), sehingga dapat memudahkan warga kedua negara untuk melakukan transaksi di pintu-pintu perbatasan, tanpa harus melalui jalan tikus atau pasar gelap seperti yang berlangsung selama ini.

Sebelumnya, kata Mamulak, Pemerintah NTT dan Timor Leste juga membahas tentang masalah perbatasan antara kedua negara di lima titik yakni Imbate, Sumkaen, Haumeniana, Nilulat dan Tubana antara Oecusse dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Serta masalah penyerobotan lahan dalam wilayah Indonesia oleh warga Oecusse di Desa Natuka, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, NTT.

ant/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya