SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

YOGYAKARTA — Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengucurkan beasiswa unggulan sebesar Rp450 miliar untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan jenjang strata satu.

“Beasiswa unggulan sebesar itu diberikan kepada sekitar 16.000 mahasiswa sejak 2006 hingga 2011,” kata Koordinator Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) AB Susanto di Yogyakarta, Kamis (5/4/2012).

Ia mengemukakan hal itu seusai penganugerahan beasiswa unggulan untuk 235 mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta bertema Pengembangan Karakter dan Kepemimpinan.

Menurut Susanto, beasiswa unggulan itu diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi kriteria akademik yang telah ditetapkan. “Ribuan mahasiswa yang menerima beasiswa unggulan itu tersebar di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan dari 16.000 mahasiswa yang menerima beasiswa unggulan tersebut, sebanyak 5–10 persen di antaranya menempuh program “double degree” di perguruan tinggi luar negeri.

“Sisanya menempuh pendidikan di perguruan tinggi dalam negeri mengambil program studi yang dapat dikembangkan dan prospektif untuk melakukan kerja sama internasional,” katanya.

Menurut dia, beasiswa unggulan itu diberikan kepada putra dan putri terbaik Indonesia untuk menempuh jenjang pendidikan S1, bahkan dapat diterusken ke jenjang strata dua (S2) dan strata tiga (S3) atau doktoral.

“Untuk mendapatkan beasiswa unggulan itu mereka harus memenuhi kriteria akademik dan berbagai persyaratan yang telah ditetapkan. Jika mereka dinilai memenuhi syarat dan kriteria, maka semua biaya pendidikan ditanggung pemerintah melalui program beasiswa unggulan,” kata Susanto. JIBI/SOLOPOS/Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya