SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta– Pemerintah siap menggelar pasar murah gula guna membantu konsumen rumah tangga mendapatkan komoditas tersebut dengan harga terjangkau.

Wakil Menteri Pertanian, Bayu Krisnamurthi, di Jakarta, Senin, mengatakan, gula yang akan dijual pada pasar murah tersebut lebih rendah Rp1.500/kg dari harga pasar.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Harga gula pasir di masing-masing daerah berbeda-beda sehingga ditetapkan Rp1.500/kg dibawah harga setempat,” katanya di ruang kerjanya.

Menurut rencana, pasar murah tersebut akan dimulai sekitar minggu kedua bulan Januari dimana setiap rumah tangga sasaran dapat membeli maksimum 2 kilogram gula.

Untuk tahap awal, lambatnya, pasar murah gula tersebut akan digelar di delapan wilayah di Indonesia salah satunya Jakarta.

Menyinggung pelaksana kegiatan pasar murah tersebut, Bayu mengatakan, akan dilakukan oleh Perum Bulog yang sekaligus memanfaatkan data Rumah Tangga Sasaran (RTS) program Raskin sebanyak 17,5 juta rumah tangga.

Sedangkan mengenai stok gula di dalam negeri untuk pasar murah, dia mengatakan, hingga saat ini masih mencukupi karena terdapat sebanyak 600 ribu ton.

Apalagi, tambahnya, pada Februari 2010 di Lampung mulai musim giling sehingga akan mendapatkan tambahan pasokan gula, setelah itu pada April mulai musim giling di seluruh Indonesia.

ant/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya