SOLOPOS.COM - Pesawat TNI AU C-130J-30 Super Hercules A-1339 menjalani tradisi water salute setibanya di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/3/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha).

Solopos.com, JAKARTA–Pemerintah Indonesia memesan lima unit pesawat TNI Angkatan Udara C-130J-30 Super Hercules A-1339 pada tahun ini.

Satu unit pesawat sudah diterima pada Senin (7/2/2023). Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkannya kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono disaksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Promosi BRI Hadiahkan Mobil dan Logam Mulia kepada Pemenang Super AgenBRILink

Presiden Jokowi menyampaikan pemerintah memesan lima unit pesawat super hercules. Itu bagian dari pengadaan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang disepakati dengan kontrak pembelian pada Juni 2021.

Pesawat yang telah dipesan akan datang secara bertahap. Tahun ini dijadwalkan tiga unit pesawat C-130J-30 Super Hercules berikutnya tiba pada Juni, Juli, dan Oktober 2023. Sedangkan, unit terakhir diproyeksikan datang pada Januari 2024.

Pesawat TNI AU C-130J-30 Super Hercules A-1339 akan bertugas di Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma, termasuk empat unit sejenis yang tiba berkala nantinya.

Sementara unit-unit C-130 Hercules model pendahulu rencananya akan dipindahtugaskan memperkuat Skadron 32 Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

“Yang kita pesan ada lima, tadi Pak Menhan [Prabowo] menyampaikan hari ini datang satu, Juni tambah satu lagi, Juli tambah satu, Oktober tambah satu, Januari [2024] tambah satu. [Total] ada lima pesawat yang akan datang ke negara kita setelah dipesan,” ucap Jokowi.

Terpisah, Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki Pesawat C-130J-30 Super Hercules.

“Ini bukan hanya TNI AU, ini kebanggaan untuk bangsa Indonesia. Di regional ini, di Asia Tenggara, baru Indonesia [yang memiliki],” ujar Fadjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya