SOLOPOS.COM - Peserta mengikuti SKB CPNS Pemkab Ponorogo, Rabu (8/12/2021). (ponorogo.go.id)

Solopos.com, SOLOMasyarakat yang menanti kabar soal lowongan CPNS 2023 akhirnya mendapat jawaban.

Pendaftaran CPNS 2023 tidak hanya dibuka bagi lulusan sekolah kedinasan, melainkan juga dibuka untuk umum.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengatakan pada tahun ini perrekrut calon aparatur sipil negara (CASN) meliputi seleksi CPNS 2023 secara selektif dan terbatas serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujar Anas dalam keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, lowongan CPNS 2023 hanya akan menyasar pada beberapa bidang. Anas menyebut bidang kesehatan dan pendidikan akan diutamakan.

Meski demikian pemerintah juga akan memberikan kesempatan kepada talenta digital untuk menjadi PNS tahun ini. Kebijakan ini dibuat sebagai upaya pemerintah untuk transformasi digital yang memang sedang dijalankan.

“Namun, pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik [SPBE],” terang Anas.

Selain bidang kesehatan dan pendidikan, ada beberapa lowongan juga yang akan dibuka untuk CPNS 2023 ini.

Beberapa di antaranya adalah hakim, jaksa, dosen, dan berbagai tenaga teknis tertentu.

“Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” ulas mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) itu.

Namun, Anas belum dapat menyampaikan ihwal kapan perekrutan CPNS 2023 dibuka. Saat ini pemerintah sedang mematangkan aencangan pembukaan pendaftaran CPNS 2023.

Pemerintah pusat telah meminta semua instansi untuk mendata kebutuhan CPNS. Jika setiap instansi sudah mengusulkan pemerintah bakal menetapkan kebutuhan.

Formasi ditetapkan dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan (Menkeu) dan pertimbangan teknis Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Untuk lowongan CPNS 2023, Anas akan mengurangi posisi CPNS yang terdampak oleh perkembangan digital.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ragam Informasi Pembukaan Pendaftaran CPNS 2023, Ternyata Dibuka untuk Umum

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya