SOLOPOS.COM - Kepulauan di Laut China Timur yang disebut Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China yang dikuasai Jepang namun diklaim China. Foto diambil Minggu (2/9/2012). (yahoonews)

Kepulauan di Laut China Timur yang disebut Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China yang dikuasai Jepang namun diklaim China. Foto diambil Minggu (2/9/2012). (yahoonews)

TOKYOPemerintah Jepang dilaporkan akhirnya sepakat membeli sejumlah pulau di Laut China Timur, Rabu (5/9/2012). Pulau-pulau yang dimiliki perorangan secara terpisah tersebut saat ini di bawah administratif Jepang, namun juga diklaim oleh China.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dilansir yahoonews, media-media JEpang melaporkan pemerintahtelah sepakat membeli tiga dari lima pulau utama kepulauan, yang disebut Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China. Ketiga pulau itu akan dibeli dengan seharga 2,05 miliar yen atau sekitar Rp234 miliar, lapor Kantor Berita Kyodo, mengutip sumber anonim.

Seorang pejabat pemerintah Jepang menolak dikonfirmasi terkait kesepakatan tersebut dan mengatakan negosiasi masih berlanjut.

Ketegangan atas pulau-pulau tersebut telah berkobar sejak April 2012 ketika Gubernur Tokyo, Shintaro Ishihara, mengumumkan rencana pemerintahkotauntuk mengumpulkan dana untuk membeli pulau-pulau tersebut. Rencana itu dimaksudkan agar pulau-pulau itu tak sampai terbeli oleh pihak asing, seperti China.

Sayangnya, hingga kiniChinatetap tidak mengakui kepemilikan keluarga Jepang tersebut atas pulau-pulau itu. Sehingga kesepakatan yang dikabarkan telah dicapai pemerintah Jepang itu tidak berpengaruh terhadap klaim China.

Laporan media mengatakan, persetujuan Kabinet untuk pengeluaran dana pembelian ketiga pulau itu diperkirakan diperoleh satu hingga dua pekan mendatang. Kesepakatan final diharapkan ditutup akhir bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya