SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta-– Pemerintah berencana menambah anggaran untuk pemeliharaan dan pengadaan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) sebesar Rp 57 triliun dari anggaran awal Rp 100 triliun untuk 5 tahun dari 2010 hingga 2014.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida S. Alisjabana menyatakan anggaran sebesar Rp 57 triliun akan dialokasikan untuk tambahan biaya pemeliharaan dan pengadaan alutsista yang anggaran awalnya sebesar Rp 100 triliun. Penambahan tersebut guna memenuhi Minimum Esential Forces (MEF).

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) untuk pemeliharaan dan pengadaan alutsista hanya Rp 100 triliun, tapi ingin memenuhi seperti MEF jadi 157 triliun,” ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (18/10).

Armida menyatakan alokasi untuk pemeliharaan membutuhkan 1/3 dana dari yang dialokasikan, sedangkan sisanya untuk pengadaan Alutsista.

“Ini pemeliharaan dan pengadaan Alutsista, sepertiga pemeliharaan dan 2/3 pengadaan,” ujarnya.

Armida menyebutkan dari tambahan sebesar Rp 57 triliun, dana sebesar Rp 7 triliun telah dialokasikan untuk tahun 2010, sedangkan sisanya dialokasikan untuk tahun 2011-2014.

“Untuk memenuhi kebutuhan MEF, keperluan kita kurang Rp 50 triliun. Rp 11 triliun (2011), Rp 12 triliun (2012), Rp 13 triliun (2013), Rp 14 triliun (2014),” jelasnya.

Namun, Armida menyatakan sampai saat ini pihaknya belum memutuskan sumber pendanaan untuk menutupi tambahan anggaran tersebut. Dia pun menyanggah sumber tersebut berasal dari kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL).

“Justru itu, belum putus, ini msh ketemu lagi. Kan begini kita harus keseluruhan, kita bicara 2010-2014. dalam konteks itu, ini yang mau ketemu lagi,” tandasnya.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya