SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat milik maskapai penerbangan Lion Air (JIBI/Solopos/Dok.)

Pembobolan bagasi pesawat ternyata menyasar seluruh bandara internasional di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Anton Charliyan menyatakan hampir seluruh bandara internasional tak luput dari aksi pencurian bagasi. Hal ini diketahui menyusul terungkapnya kasus tersebut di Bandara Soekarno Hatta belum lama ini.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

“Hampir semua bandara internasional, ini cukup membuat kepercayaan akan menurun,” katanya di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Karena itu, harus ada penertiban secara signifikan di bandara. Menurut dia, Polri siap menertibkan hal itu bila diminta pihak Angkasa Pura selaku pengelola bandara. Kerja sama antara kedua belah pihak sangat dibutuhkan untuk menekan aksi kejahatan di bandara tersebut tersebut.

“Kriminal akan berhadapan dengan polisi. Di sana ada polisi bandara yang menangani. Memang lebih bagus pencegahan, karena ini membuat kepercayaan terhadap maskapai penerbangan menurun secara nasional maupun internasional,” katanya.

Anton menambahkan sistem di bandara mesti diperbaiki, berkaca pada kasus-kasus kejahatan serupa yang pernah diungkap kepolisian. “Memang ada kerja sama jaringan yang harus diungkap,” katanya.

Seperti diwartakan Solopos.com sebelumnya, polisi sebelumnya menangkap empat orang porter Lion Air dengan sangkaan mencuri barang penumpang di bagasi pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya