SOLOPOS.COM - Ilustrasi. DokJIBI/Solopos/Farid S

Solopos.com, SOLO-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo merancang kalender olahraga pelajar. Langkah tersebut sebagai sarana pembimbitan atlet sekaligus agar event olahraga pelajar terkoordinasi dengan baik.

Sekretaris Disdikpora Solo, Aryo Widyandoko, mengatakan tanpa kalender yang tepat, event olahraga pelajar di Solo seringkali berlangsung secara dadakan. Hal ini membuat siswa minim persiapan. Padahal untuk mencetak atlet pelajar berprestasi persiapan harus dilakukan secara matang. Kalender juga sebagai upaya penataan agar event olahraga tidak bertubrukan dalam satu waktu tertentu.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Kalender olahraga disusun atas perintah Walikota, FX. Hadi Rudyatmo, untuk kemajuan olahraga Kota Solo,” terangnya saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (24/12).

Proyek penyusunan kalender olahraga ini, lanjutnya, dilakukan dengan berkoordinasi kepada sejumlah pengurus cabang olahraga. Langkah ini agar setiap cabor memiliki kesepatan untuk melakukan persiapan matang untuk pembibitan atlet. Ia menambahkan pekan olahraga dapat berupa kompetisi (beregu dan perorangan), sirkuit (sistem poin dari sejumlah kali bermain), dan festifal. Pria yang juga pembina cabor Cricket ini, mengatakan kalender diterapkan dari jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK.

“Agenda terdekat, Lomba Bola Basket tingkat SMK/SMA yang digelar 5 Januari 2014. Pendaftaran dimulai 20-31 Desember. Pertandingan akan dilakukan kandang dan tandang,” ujarnya.

Karena sistem pertandingannya menggunakan sistem tandang-kandang, maka persyaratan wajib bagi sekolah yakni memiliki lapangan bola basket atau menunjuk lokasi yang representatif untuk pertandingan. “Kami menargetkan 24 tim dari SMA/SMK yang ikut lomba basket nanti,” tandasnya sembari menargetkan peningkatan prestasi atlet pelajar Solo dalam setiap kompetisi olahraga seperti di level Provinsi hingga nasional.

Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan Olahraga Bidang Olahraga Disdikpora Solo, Joko Subroto, menambahkan setahun ke depan terdapat 15 cabang olahraga (cabor) akan dilombakan meliputi basket, sepak takraw, sepak bola, voli, renang, atletik, panahan, tenis meja, badminton, taekwondo, silat, catur, senam ritmik, tenis lapangan, dan bridge.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya