SOLOPOS.COM - Ilustrasi perdagangan peranti elektronik (JIBI/Solopos/Dok.)

ilustrasi (dok)

SOLO—Pembiayaan di sektor elektronik bakal lebih agresif dibandingkan pembiayaan otomotif. Jika pembiayaan otomotif di Solo mematok proyeksi pertumbuhan pada angka 10%, pembiayaan elektronik diperkirakan bakal tumbuh lebih dari 20%.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

FIF Spektra Solo justru mematok pertumbuhan pembiayaan tahun ini pada kisaran angka 28%. Sales Supervisor Solo, Liana Indrawati, menyampaikan potensi pasar untuk produk elektronik dan gadget di tahun 2013 cukup bagus. “Maka kami dipatok untuk bisa tumbuh 28%,” kata Liana, saat ditemui solopos.com, di ruang kerjanya, Rabu (16/1/2013).

Dia menjelaskan, angka pertumbuhan ini jauh lebih tinggi dari perolehan pertumbuhan di tahun 2012. “Di tahun 2012, pembiayaan kami hanya tumbuh 5%. Tapi, tahun ini kami lebih agresif, khususnya untuk memperbesar pembiayaan produk elektronik,” ujar dia.

Selain pembiayaan produk elektronik, FIF Spektra juga membiayai untuk penjualan produk gadget, sepeda, alat-alat olahraga, mesin laundry hingga pembelian traktor. Perusahaan pembiayaan optimistis pembiayaan disektor ini tumbuh karena tidak terkena aturan pembatasan uang muka.

Beragam program promo, baik kerja sama dengan merek maupun dengan mitra sudah disiapkan untuk mengejar target pembiayaan tersebut. Seperti yang saat ini sedang digeber FIF Spektra bersama Toshiba melalui agenda Toshiba Roadshow di Hartono Lifestyle Mall, Selasa-Minggu (15-20/1).

Liana menjelaskan, Toshiba Roadshow yang mengandalkan produk LED ini memberikan promo bunga 0% untuk 6 bulan dan 0,99% untuk 12 bulan, khusus untuk LED 29inci. Selain itu, calon pelanggan juga akan mendapatkan cash back Rp100.000 ditambah voucher resto senilai Rp50.000.

“Pameran ini di selenggarakan untuk mengejar target penjualan di kuartal I. Penyelenggaraan di Hartono Lifestyle Mall juga ditujukan untuk memperluas potensi pasar khususnya dari wilayah Solo selatan,” papar dia.

Pada ajang tersebut, FIF mematok pembiayaan senilai Rp200 juta. Selain promo bersama Toshiba, FIF Spektra juga punya program promo bersama Sharp di Toko Elektronik Semeru dan program 5X double untung bersama Elektronik Solution. Terpisah, Branch Manager Adira Kredit Solo, Sandy Faturochman justru mematok pertumbuhan pembiayaan elektronik dan gadget pada angka yang jauh lebih agresif. “Untuk pembiayaan kami di tahun 2013, targetnya tumbuh 30%-40% dari pencapaian 2012,” kata Sandy. Target pertumbuhan ini juga jauh lebih tinggi dari pencapaian pertumbuhan tahun 2012 yang berkisar 20%.

Menurut dia, produk gadget dan smartphone akan mendominasi pembiayaan di tahun ini. Sedangkan untuk produk elektronik, Adira Kredit tetap mengunggulkan LED TV. LED TV ini diperkirakan booming di tahun ini mengikuti tren produk. “Dan produk LED TV ini mengalami update atau pembaruan paling cepat.”

Untuk mendongkrak penyaluran kredit LED TV, Adira Kredit juga menawarkan beragam program promo. Di antaranya bunga ringan hingga 0,99 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya