SOLOPOS.COM - Grup musik Slank, kiri-kanan; Ridho (gitar), Kaka (vokalis), Bimbim (drum) dan Ivanka (bass) saat menghadiri jumpa pers konser "Smile Indonesia" di Jakarta, Kamis (12/10/2022). (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Solopos.com, PALEMBANG – Konser grup musik Slank yang rencananya digelar Minggu (6/11/2022) di lapangan Palembang Trade Center, Palembang, batal digelar.

Sejumlah alasan pembatalan disampaikan polisi, antara lain karena tempat konser tidak memadai hingga lokasinya rawan terjadi banjir.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Setelah dipelajari, hasilnya kepolisian tidak memberikan rekomendasi atau tidak memberikan izin Slank manggung di lapangan dalam komplek pertokoan Palembang Trade Center itu,” kata Kapolrestabes Palembang Kombes Pol. Mokhamad Ngajib seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Sabtu (5/11/2022).

Ngajib yang pernah bertugas di Polwil Surakarta itu menjelaskan, tidak diberikannya izin konser Slank karena alasan risiko keamanan dan keselamatan penonton.

Baca Juga: Slank Konser 39 Tahun Berkarya, Ingin Aremania dan Bonek Sepanggung

Menurutnya, lokasi konser Slank berada di lingkungan mal yang ramai, tempat parkir terbatas, hingga rawan banjir saat hujan.

Berdasarkan laporan dari personel Intelijen Keamanan (Intelkam), para penggemar Slank se-Sumatera diperkirakan akan datang ke Palembang untuk menyaksikan konser tersebut.

Sehingga jumlah penonton diprediksi mencapai 10.000 orang, atau jauh lebih besar daripada angka estimasi panitia.

Baca Juga: Konser Slank Batal! Polrestabes Palembang Khawatir Terjadi Kerusuhan

“Maka bila terjadi suatu kondisi yang sulit terkontrol atau katakanlah ricuh, akan sangat sulit dilakukan evakuasi. Belum lagi potensi kemacetan oleh antrean kendaraan penonton. Itu yang kami sampaikan ke panitia penyelenggara,” kata Ngajib.

Ngajib menjelaskan surat permohonan izin dari panitia penyelenggara menyebutkan konser bertajuk Beautiful Smile Indonesia Tour itu akan berlangsung di lapangan area komplek pertokoan Palembang Trade Center di Kecamatan Kemuning.

Setelah tidak diizinkan di lokasi awal, panitia penyelenggara konser kemudian ingin memindahkan lokasi acara ke Stadion Kamboja, Ilir Timur 1.

Baca Juga: Single Terbaru Slank bakal Dirilis pada Desember 2022

Namun Pemerintah Kota Palembang juga tidak memberikan izin dengan pertimbangan serupa, yakni keselamatan para penggemar dan penonton konser.

Menurut pertimbangan Pemkot Palembang, berbagai fasilitas di stadion yang berkapasitas maksimal 10.000 orang itu sudah dalam kondisi kurang layak, rawan, hingga rusak karena termakan usia.

“Apalagi bila dipakai untuk konser band sekelas Slank, yang fans-nya merakyat (banyak sekali), bukan saja di Palembang, jadi sangat tidak memungkinkan,” jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Saksikan Slank dan Kla Project dalam Konser Kebangsaan di NTT

Atas hal tersebut, Ngajib kemudian menyarankan panitia penyelenggara mengkaji ulang secara menyeluruh, khususnya dengan lebih menjamin keamanan dan keselamatan para penggemar setia Slank dan masyarakat umum.

Setelah konser di Palembang batal digelar, Slank masih menyisakan sejumlah jadwal manggung hingga akhir tahun 2022.

Enam Konser Lagi

Berdasarkan data di situs slank.com, Sabtu (5/11/2022), Slank dijadwalkan manggung di Makassar (10 November); Kuala Lumpur, Malaysia (19 November); Banjarmasin (24 November); Tangerang (26 November); Surabaya (4 Desember) dan Pelataran Candi Prambanan Klaten, Jawa Tengah (11 Desember).

Slank adalah grup musik Indonesia yang dibentuk Bimbim pada 26 Desember 1983. Pembentukan Slank karena Bimbim bosan menjadi cover band dan punya keinginan untuk menciptakan serta membawakan lagu sendiri.

Baca Juga: Iwan Fals, Kahitna, hingga Slank Meriahkan Konser M20 di TMII Jakarta

Pada akhirnya, Slank menjadi salah satu grup musik yang paling berpengaruh di Indonesia hingga saat ini.

Konser-konsernya selalu dihadiri ribuan hingga belasan ribu penonton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya