News
Jumat, 15 Maret 2024 - 16:47 WIB

Peluang Jokowi Pimpin Koalisi Pendukung Prabowo-Gibran

Sholahuddin Al Ayyubi  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo berdialog dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menjelang keberangkatan menuju Provinsi Jawa Timur, Jumat (8/3/2024). (Sekretariat Presiden)

Solopos.com, SOLO — Presiden Jokowi disebut-sebut memiliki peluang besar untuk memimpin koalisi gemuk yang mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan banyak pihak yang masih menginginkan Jokowi tetap aktif di dunia politik meskipun sudah lengser dari jabatannya sebagai presiden.

Advertisement

“Banyak sinyal yang menginginkan agar Pak Jokowi ini tetap aktif di partai politik, meski sudah pensiun dan di Solo,” tuturnya kepada Bisnis di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Menurut pria yang akrab disapa Ipang itu, jika Presiden Jokowi memimpin koalisi besar tersebut, salah satu keuntungannya adalah bisa mengendalikan Prabowo Subianto yang diprediksi bakal menjadi presiden berikutnya.

“Keinginan Pak Jokowi untuk memimpin koalisi besar itu, menandakan bahwa Pak Prabowo masih di dalam kendali Pak Jokowi dan ketergantungan Pak Prabowo ke Pak Jokowi,” katanya.

Advertisement

Selain itu, menurut Ipang, Presiden Jokowi juga bisa mendorong Cawapres Gibran Rakabuming Raka agar bisa dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.

“Termasuk menciptakan stabilitas politik, mengendalikan kekuasaan dan Gibran tidak hanya menjadi ban serep tapi eksistensinya bisa dirasakan jika Jokowi jadi pemimpin koalisi besar itu. Semuanya itu kan saling keterkaitan,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi Punya Peluang Besar Untuk Memimpin Koalisi Indonesia Maju”

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif