SOLOPOS.COM - Kolaborasi para pihak di Kalimantan Tengah melindungi dan memberdayakan bahasa daerah. (kemdikbud.go.id)

Solopos.com, SOLO — Pelestarian bahasa daerah harus mengoptimalkan media digital. Media ini efektif menjangkau generasi muda penutur bahasa daerah. United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 2018 melaporkan setiap dua pekan sekali ada satu bahasa daerah punah.

Pelestarian bahasa daerah di Indonesia butuh strategi baru dan kolaborasi banyak pihak. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa atau Badan Bahasa merevitalisasi bahasa-bahasa daerah dalam program Merdeka Belajar Episode Ke-17.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Strategi baru yang dirumuskan dan dijalankan adalah melibatkan seluruh pemangku kebijakan terutama para penutur muda agar dapat menjadi penutur aktif bahasa daerah. Pelibatan mereka untuk menumbuhkan kemauan dan semangat mempelajari bahasa daerah melalui media yang mereka sukai. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Pelindungan Bahasa Daerah Harus Mengoptimalkan Media Digital.

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mendesak penghapusan semua pasal bermasalah dalam Rancangan Undang-undang tentang Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RUU KUHP) atau Revisi KUHP (RKUHP) yang berpotensi mengganggu kebebasan pers.

AJI juga mendesak DPR dan pemerintah membuka draf RUU KUHP atau RKUHP agar bisa dibaca dan dikaji publik. DPR dan pemerintah seharusnya melibatkan partisipasi publik seluasnya, secara bermakna, dalam membahas semua pasal krusial dan potensial bermasalah. Duduk perkara bisa dibaca di Banyak Pasal Bermasalah di RKUHP, Sebagian Mengancam Kebebasan Pers.

Topeng Malangan atau Wayang Topeng Malang ditampilkan dalam acara International Mask Festival 2022 di Pendapa Prangwedanan, Pura Mengkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (17/6/2022) dan Sabtu (18/6/2022). Topeng Malangan adalah bagian dari budaya Panji.

Pada acara Konferensi Nasional Indonesia Mask Organization (IMO) sebagai rangkaian International Mask Festival 2022 mengemuka penjelasan Topeng Malangan lebih populer dibandingkan Topeng Madura meskipun Topeng Madura diciptakan lebih awal daripada Topeng Malangan. Ulasan lengkap tersaji di Memahami Topeng Malangan sebagai Bagian Budaya Panji.

Band metal berawak tiga perempuan muda asal Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Voice of Baceprot atau VoB, dijadwalkan menjalani tur lagi di Eropa pada 14 Juli 2022 dan berakhir di pentas festival musik rock dunia di Wacken, Jerman, pada 5 Agustus 2022.

Trio Firda Marsya Kurnia (gitar dan vokal), Widi Rahmawati (bas), dan Euis Sitti Aisyah (drum) itu kini menempati posisi khusus di kancah musik metal dunia. Pada 28 November 2021 hingga 10 Desember 2021 mereka menjalani tur di delapan kota di Eropa. Kisah lengkap bisa dibaca di Tur di Eropa Lagi, VoB Membuktikan Kerja Keras Jalan Realisasikan Mimpi.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya