SOLOPOS.COM - SPEKTAKULER -- Para penonton menyaksikan peledakan Fort Steuben Bridge dari jarak aman. Jembatan berusia lebih dari 80 tahun itu diruntuhkan karena secara teknis sudah tidak layak pakai. (www.post-gazette.com)

SPEKTAKULER -- Para penonton menyaksikan peledakan Fort Steuben Bridge dari jarak aman. Jembatan berusia lebih dari 80 tahun itu diruntuhkan karena secara teknis sudah tidak layak pakai. (www.post-gazette.com)

STEUBENVILLE – Anda mungkin masih ingat kasus runtuhnya jembatan gantung di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu. Namun kalau runtuhnya jembatan itu merupakan tragedi karena menimbulkan korban jiwa dan diakibatkan masalah teknis, lain lagi dengan runtuhnya sebuah jembatan tua di Steubenville, Ohio, AS, ini.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Jembatan tua bernama Fort Steuben Bridge yang dibangun tahun 1928 itu runtuh karena memang sengaja dihancurkan lantaran secara teknis sudah tua dan tidak memenuhi syarat teknis untuk kebutuhan lalu lintas zaman sekarang. Bahkan jalur jalan raya yang melewati jembatan itu juga sudah ditutup sejak lama.

Nah, yang menarik karena jembatan itu diruntuhkan dengan cara diledakkan, bukan dipreteli. Hanya butuh waktu tiga detik bagi jembatan itu untuk hancur setelah 70 kilogram bahan peledak digunakan untuk menghancurkan jembatan sepanjang 382 meter itu.

Bahan peledak dipasang di 136 titik di sepanjang jembatan itu, dan diledakkan secara simultan dalam 20 kali ledakan. Setiap ledakan seperti dilaporkan yahoonews.com berlangsung 0,35 detik dan terjadi begitu cepat hingga dalam rekaman video yang dibuat petugas, suara dentuman ledakan baru terdengar setelah proses peledakan terjadi.

JIBI/SOLOPOS/R Bambang Aris Sasangka

Tautan Video Peledakan Jembatan Fort Steuben:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya