SOLOPOS.COM - Calon presiden terpilih dalam Pilpres 2014 Joko Widodo alias Jokowi (kiri) tampil di panggung bersama grup musik Slank dan penyanyi Oppie Andaresta pada Konser Kerukunan Salam Tiga Jari di Stadion Pandan Arang, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (4/10/2014). Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meresmikan patung Bung Karno di Boyolali. (JIBI/Solopos/Antara/Andika Betha)

Solopos.com, JAKARTA — Gabungan sukarelawan dan simpatisan Jokowi-JK menggelar kegiatan bertajuk Syukuran Rakyat Salam 3 Jari menyambut pelantikan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Rangkaian syukuran berlangsung empat hari Jumat (17/10/2014) sampai puncaknya pada Senin (20/10/2014).

Ketua Panitia Nasional Syukuran Rakyat, Abdee Negara, mengatakan digelarnya acara ini sebagai ungkapan rasa syukur seluruh rakyat Indonesia atas terselenggaranya pileg dan pilpres 2014 secara demokratis serta langkah awal untuk bersama-sama bekerja sebagai satu bangsa.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Syukuran pelantikan Jokowi-JK akan diselenggarakan di 22 kota besar di Indonesia yang terpusat di Jakarta. Kota lain yang mengikuti acara sejenis meliputi Sabang, Banda Aceh, Medan, Palembang, Batam, Bandar Lampung, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Bandung, Semarang, Solo, Jogja, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, Kendari, Ambon, Jayapura dan Merauke.

“Relawan di daerah dan kota besar di Indonesia dipersilakan untuk menyelenggarakan acara serupa dan serempak sesuai dengan kreasi dan kreativitas masing-masing penyelenggaraan dihimbau untuk berkoordinasi dengan aparat setempat,” kata Abdee di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Untuk kegiatan di Jakarta, panitia sudah berkoordinasi dengan bagian rumah tangga Istana Negara, Paspampres, Pemda DKI Jakarta, Polri, artis, seniman, budayawan, industriawan, asosiasi pedagang, sukarelawan, simpatisan dan berbagai kalangan masyarakat luas.

Adapun acara syukuran mulai pada 17-18 Oktober 2014 di antaranya, diskusi publik dengan tema meliputi Revolusi Mental, Pertumbuhan Ekonomi, Harapan Kelompok Marjinal dan Mewujudkan Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia. Pada Minggu (19/10/2014) digelar doa dan zikir bersama umat beragama di setiap tempat ibadah di seluruh Indonesia sepanjang hari.

Selanjutnya, Jokowi-JK akan menghadiri khataman Alquran dan doa bersama di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta. Sedangkan pada Senin (20/10/2014), puncak acara syukuran akan berlangsung dengan run down sebagai berikut :

1. Kirab budaya rakyat dari Bundaran HI sampai Istana Negara pukul 13.00 WIB. Rakyat akan mengantarkan Jokowi-JK menuju Istana Kepresidenan diiringi komunitas seni, karnaval batik, reog, ondel-ondel, barongsai, abang none, sepeda ontel dan perwakilan daerah seluruh Indonesia.

2. Kuliner rakyat dari komunitas pedagang bakso, siomay, ketoprak ikut serta menyediakan makanan gratis untuk rakyat. Gerobak mereka bertuliskan “Makan Gratis Sampai Habis”.

3. Presiden dan Wapres akan melakukan teleconference dengan masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia dari Istana Negara.

4. Sore harinya diadakan konser rakyat di tugu Monas bersama Slank dan ratusan artis papan atas. Jokowi-JK hadir untuk menyapa seluruh rakyat, menyampaikan pidato serta potong tumpeng.

5. Pukul 19.00 WIB di Monas akan dilepas ratusan lampion terbang diikuti serentak di puluhan kota besar di Indonesia. Sebanyak 17.480 buah lampion akan menjadi simbol harapan persatuan dan kebersamaan sebuah negara kepulauan.

Abdee menghimbau masyarakat untuk menggunakan baju atasan putih pada setiap acara syukuran berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya