SOLOPOS.COM - Pasangan pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat kirab naik kereta kuda di Jl Slamet Riyadi Solo, Minggu (11/12/2022). (stimewa/Kris)

Solopos.com, JAKARTA — Meski punya aturan satu keluarga satu partai, PDIP tidak bisa melarang putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Alasannya, Kaesang Pangarep sudah menikah sehingga tak lagi masuk dalam kartu keluarga Jokowi.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat membenarkan dalam AD/ART PDIP diatur bahwa dalam keluarga inti kader tidak boleh ada anggota keluarga lain yang masuk partai politik lain.

Djarot mengatakan Kaesang sudah mempunyai keluarganya inti sendiri karena sudah berumah tangga.

Dengan demikian, Kaesang tidak termasuk keluarga inti Jokowi lagi.

“Keluarga inti tuh apa? Anak, yang menjadi tanggungan kami, belum menikah. Ini [Kaesang] sudah menikah, sudah punya preferensi sendiri, beliau punya keluarga inti sendiri dong,” jelas seusai acara Petani Milenial: Inovasi dan Kreasi Menuju Pertanian Modern Berkelanjutan di Kantor DPP PDIP, Kamis (21/9/2023).

Namun Djarot juga memberi nasihat ke Kaesang agar tidak terburu memilih partai yang akan dimasuki apabila memang ingin masuk ke dunia politik.

Dia tidak ingin Kaesang menyesal karena terburu-buru memilih partai.

Djarot menyarankan Kaesang harus mempelajari AD/ART, ideologi, dan evaluasi kinerja partai yang bersangkutan.

Sebab banyak partai yang hanya berbasis elektoral bukan kaderisasi sehingga hanya mengandalkan pencitraan.

Dia menekankan, PDIP tidak akan menolak apabila Kaesang berminat menjadi kadernya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, PDIP sangat terbuka dengan anak muda seperti Kaesang.

“PDIP itu terbuka terutama bagi anak-anak muda, silakan [kalau] mau masuk, sangat terbuka. Apalagi Mas Kaesang, mangga, silakan ya. Jadi kita tidak pernah menolak,” tutupnya.

Restu Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) takkan melarang jika putra bungsunya, Kaesang Pangarep, mendaftar sebagai kader PSI.

Menurut Jokowi, Kaesang sudah dewasa dan berumah tangga sehingga semua keputusan hidupnya bisa diambil sendiri secara mandiri.

“Ya, kan saya sudah sering menyampaikan, anak-anak saya itu kalau sudah berkeluarga itu sudah punya rumah sendiri, sudah punya istri ya sudah harus mandiri dan harus tanggung jawab. Artinya apa yang diputuskan sudah menjadi tanggung jawab dia,” ujar Jokowi, Kamis (21/9/2023).

Dia mengamini yang bersangkutan telah meminta restu dalam diskusi secara kekeluargaan dengannya.

Sehingga orang nomor satu di Indonesia itu pun mengaku sudah memberi izin bagi anaknya bergabung di partai yang dinahkodai Giring Ganesha itu.

“Ya [ada diskusi] biasa di dalam keluarga minta doa restu, karena [apabila] saya bilang tidak pun juga tetap akan jalan. Anak-anak saya memang seperti itu,” pungkas Jokowi.

Sebelumnya, Kaesang diisukan masuk ke PSI seusai pada Rabu (20/9/2023) malam, partai anak muda itu mengunggah video seorang pria mirip Kaesang di akun media sosialnya.

Dalam video berdurasi 42 detik itu, pria yang mengatasnamakan diri Mawar itu menegaskan akan masuk ke dunia politik.

Di akhir video, muncul siluet pria yang mirip dengan Kaesang.

“Namaku Mawar, bukan nama sebenarnya. Saat ini, aku sudah memantapkan hati untuk masuk ke politik. Aku memang belum punya pengalaman di politik, namun aku punya tujuan yang besar, untuk Indonesia lebih baik. Semoga jalan yang aku pilih adalah jalan yang benar,” ujar pria itu.

Lantas banyak pengguna media sosial yang langsung mengomentari unggahan PSI itu.



Banyak yang menebak pria itu adalah Kaesang yang memberi kode akan bergabung ke PSI.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “PDIP Persilakan Kaesang Gabung PSI”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya