SOLOPOS.COM - Politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno (detik)

Solopos.com, JAKARTA – Kritikan tajam soal soal pengesahan Perppu Cipta Kerja menjadi undang-undang dilakukan banyak kalangan, terutama buruh dan mahasiswa.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia mengunggah video di akun media sosial mereka yang menunjukkan Ketua DPR Puan Maharani dengan badan tikus.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

BEM UI menyebut DPR sebagai Dewan Perampok Rakyat.

Menanggapi kritikan tersebut, anggota DPR dari PDIP Hendrawan Supratikno meminta mahasiswa menyampaikan kritik kepada DPR dengan santun.

Ia meminta kritikan tanpa umpatan yang kurang terdidik.

“Rasanya kurang patut apabila mahasiswa menyampaikan umpatan-umpatan yang kurang terdidik, asal bunyi, merendahkan akal budi,” ujar Hendrawan saat dikonfirmasi, Kamis (23/3/2023).

Dia berpendapat, lebih baik mahasiswa mengajak anggota DPR atau DPRD berdiskusi dan berdebat secara terbuka.

Dengan begitu, lanjutnya, mahasiswa dapat mengedepankan etika akademis.

“Itulah esensi peran dan kontribusi insan kampus dalam membangun peradaban bangsa, bukan melakukan umpatan-umpatan yang dangkal dan spekulatif,” jelas anggota Komisi XI DPR itu.

Hendrawan merasa mahasiswa sekarang hanya sekadar ingin tampil beda dan menarik perhatian. Oleh sebab itu, dia merasa mahasiswa sering asal bunyi.

Hendrawan mengklaim DPR menampung setiap masukan dari kampus. Meski begitu, masukannya harus lengkap dan mendalam.

“Kunker-kunker Alat Kelengkapan Dewan [AKD], termasuk Badan Legislasi, sering ke kampus-kampus. Kami selalu berharap kampus memberi masukan secara lengkap dan mendalam,” ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “PDIP Minta Mahasiswa Kritisi Pengesahan Perppu Cipta Kerja Tak Lewat Umpatan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya