SOLOPOS.COM - Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan saat mengunjungi Lunpia Cik Me Me di Semarang pada Senin (5/1/2024) malam. (Solopos.comRia Aldila Putri)

Solopos.com, SOLO — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta dikabarkan telah menyetorkan nama Anies Baswedan ke Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk diusung di Pilgub Jakarta 2024.

Juru Bicara PDIP Chico Hakim mengatakan, Anies merupakan satu dari lima sosok yang juga diajukan sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta dari PDIP.

Promosi Erick Thohir Apresiasi BRI Masuk Daftar Perusahaan Terbesar Dunia Versi Forbes

“Kalau tidak salah ada lebih dari lima nama yang diusulkan ya, Pak Anies itu hanya salah satunya saja,” tuturnya kepada Bisnis di Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Menurutnya, PDIP masih terus mengkaji dan membuka banyak kemungkinan terkait sosok kuat yang akan diusung di Pilkada Serentak 2024, termasuk di Jakarta.

“Ini hal yang wajar, karena kita kan sedang menjaring dan mencermati kemungkinan-kemungkinan serta simulasi para calon di DKI Jakarta,” katanya.

Terkait kepastian sosok yang akan diusung di Pilgub Jakarta 2024, Chico menegaskan bahwa DPD dan DPP akan melihat perkembangan situasi di akar rumput.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Eriko Sotarduga mengkhawatirkan para pendukungnya di akar rumput tidak terima jika mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur dalam ajang Pilgub Jakarta 2024. Eriko mengakui muncul wacana agar Anies menggandeng kader PDIP dalam ajang Pilkada Jakarta 2024.

Meski demikian, dia mengingatkan bahwa basis pendukung PDIP dengan basis pendukung Anies berbeda. Oleh sebab itu, dia malah khawatir faktor tersebut menjadi bumerang apabila Anies berpasangan dengan kader PDIP.

“Apakah yang mendukung Pak Anies, pasti tetap mendukung Pak Anies? Apakah yang mendukung PDIP pasti tetap mendukung PDIP? Nah ini kan belum tentu,” kata Eriko di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa banyak kader PDIP yang siap maju Pilkada Jakarta 2024. Meski demikian, kader-kader tersebut namanya terlalu besar untuk menjadi calon wakil gubernur.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “DPD PDIP Jakarta Setor Nama Anies ke Megawati Jadi Bakal Cagub Jakarta 2024”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya