SOLOPOS.COM - Logo PDIP

Logo PDIP

SEMARANG-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jateng sedang mengalami krisis kepemimpinan pascadicopotnya Murdoko sebagai Ketua DPD PDIP oleh DPP.Pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Muh Yulianto, mengatakan saat ini di tubuh PDIP belum ada figur sekuat Murdoko.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Bisa dikatakan sekarang PDIP Jateng mengalami krisis kepemimpinan,” katanya kepada wartawan di Semarang, Minggu (30/9/2012).

Kondisi ini, lanjut ia, harus segera dicarikan solusi, sebab ada beberapa agenda politik besar yang harus dihadapi partai berlambang banteng mencorong dalam lingkaran itu. Agenda besar itu yakni Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng pada 26 Mei 2013, serta pemilihan umum legislatif 2014.

“Kalau tak segera dicari figur pemimpin yang pas, dikhawatirkan PDIP bisa terpuruk di Pilgub Jateng dan pemilu mendatang,” tandasnya.

Sebab guna menghadapi dua agenda besar ini memerlukan konsolidasi partai mulai dari DPD, DPC sampai tingkat ranting. Untuk itu dibutuhkan pemimpin yang bisa melakukan konsolidisi dengan jajaran pengurus di DPC sampai tingkat ranting.

Menurut dosen FISIP Undip ini, kemampuan melakukan konsolidasi merupakan salah satu syarat untuk ketua PDIP Jateng mendatang. “Syarat lainnya yakni bersih dari korupsi dan memiliki kemampuan manajemen partai,” ungkap Yulianto.

Maski mengalami krisis kepemimpinan, namun dia melihat ada beberapa figur kader alternatif yang layak memimpin PDIP Jateng mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya